detikhealth

Kisah Cancer Survivor: Masih Untung Saya Kehilangan 1 Kaki, Bukan 2

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 18/02/2013 12:12 WIB
Halaman 1 dari 2
Pritono dan istrinya (Vita/detikHealth)
Jakarta, Priyono (39) tak pernah menyangka dirinya bakal menyandang kanker. Benjolan kecil di atas mata kaki salah satu kakinya rupanya menjadi cikal bakal kanker. Ayah dua anak ini pun merelakan sebelah kakinya diamputasi.

Pengalamannya melawan kanker dituturkannya kepada detikHealth di sela-sela peringatan Hari Kanker Sedunia 'I Care, Arise, and Never Give Up Against Cancer' yang digelar oleh Indonesia Care Community (ICCC) bekerja sama dengan Kalbe Ethical Customer Care (KECC) di Conference Room Bintang Toeoedjoe, Jl A Yani, Pulomas, Jakarta Timur, dan ditulis pada Senin (18/2/20013).

Menurut pria asal Prambanan, Yogyakarta, ini, peristiwa bermula pada 2008 lalu. Benjolan sebesar otak ayam muncul di atas salah satu mata kakinya. Setelah berkonsultasi ke dokter, benjolan itu diangkat.

"Tapi muncul lagi, dan jadinya lebih besar. Sebesar telur bebek," ucap Priyono yang didampingi istrinya.

Benjolan itu diangkat lagi namun tak lama benjolan yang lebih besar hingga membuat kakinya bengkak kembali muncul. Berbagai pengobatan dari herbal hingga obat-obatan dokter ditempuhnya.

"Pernah saya naik motor sama istri cari pengobatan di Bandung. Ya naik motornya sambil nahan-nahan sakit. Tapi saya kan mau sembuh," sambung pria yang banyak kehilangan rambut dan jenggot lantaran kemoterapi yang dijalaninya ini.

Ikhtiar tak putus dilakukan Priyono. Saat menjalani terapi herbal, berat badannya susut 15 kg. Setiap hari dia hanya makan buah dan sayur dengan tujuan membakar sel-sel kanker, tapi gagal. Tubuhnya kian melemah, dan kankernya seperti bertambah kuat.Next

Halaman 1 2
(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit