detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Labia Minora pada Vagina yang Menonjol Keluar

Selasa, 19/02/2013 14:45 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok, saya mempunyai labia minora yang menonjol keluar. Saya belum pernah berhubungan intim sama sekali. Tapi saya takut apakah kelak jika saya menikah hal ini akan berpengaruh pada pasangan saya kelak. Apakah keadaan saya ini normal? Terimakasih.

Oline (Perempuan lajang, 24 tahun)
nicoXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 150 cm, berat badan 48 kg.

Jawaban:

Salam Oline,

Labia minora adalah bibir kecil yang terdapat di bagian dalam dari bibir luar kemaluan wanita. Secara umum dapat terjadi variasi normal dari genitalia baik pria maupun wanita. Untuk menilai apakah labia minora ini merupakan suatu kelaian ataukah hanya variasi normal saja maka yang perlu diperhatikan adalah:

1. Konsistensinya, apakah lunak seperti biasa atau adakah yang berubah
2. Warnanya, apakah ada warna tidak wajar yang berubah
3. Pertumbuhannya. Seiring dengan kematang hormonal seoramg wanita, maka genitalia akan mengeluarkan sekret yang berfungsi untuk melumasi. Saat demikian maka genitalia menjadi lebih 'berisi' dibandingkan dengan pra pubertas.

Namun selanjutnya yang perlu Oline perhatikan apakah ada pertumbuhan atau penebalan yang tidak wajar. Jika memang demikian adanya semenjak memasuki usia remaja, maka saya rasa tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit