Diet Vegan Mampu Menstabilkan Gula Darah pada Pasien Diabetes
Kamis, 21/02/2013 08:33 WIB
(Foto: thinkstock)
Berita Lainnya
Jakarta, Orang dengan diabetes harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan harus mengetahui jenis diet yang tepat untuknya. Sebuah studi di Kanda menemukan bahwa diet makanan mentah (vegan) memberikan kontribusi positif terhadap diabetes.
Studi tersebut melibatkan 121 orang dengan diabetes tipe 2 yang sedang dalam terapi pengobatan obat anti-diabetes. Hasil studi diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, seperti ditulis Naturalnews, Kamis (21/2/2012).
Peneliti membagi pasien diabetes tersebut menjadi dua kelompok, di mana kelompok pertama diminta mengubah diet dengan mengonsumsi kacang-kacangan mentah setidaknya satu cangkir per hari. Sedangkan kelompok kedua tidak melakukan perubahan sama sekali terhadap dietnya.
Setelah sepuluh hari masa studi, peneliti kembali memeriksa kadar gula darah pasien dan menemukan bahwa kelompok pasien yang mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari memiliki kadar gula darah yang cukup stabil dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengubah dietnya.
"Diet makanan mentah atau diet vegan rupanya memberikan kontribusi yang baik untuk pasien diabetes karena rendah glikemik. Bahkan efek dari perubahan diet vegan tersebut dapat Anda rasakan hanya dalam waktu 10 hari setelah memulai diet," kata David JA Jenkins, MD, peneliti dari University of Toronto.
Setelah mengetahui hasil penelitian tersebut, para pasien diabetes kemudian mulai beralih sepenuhnya ke diet vegan. Kondisi kesehatan pasien semakin hari semakin membaik dan kadar gula darahnya mendekati normal.
Ternyata, perubahan kecil tersebut mampu menunjukkan perbaikan yang signifikan bagi pasien diabetes yang memilih gaya hidup vegan. Seseorang yang akan menjalani diet vegan harus menghindari konsumsi segala jenis daging-dagingan atau segala sesuatu yang berasal dari binatang, termasuk telur, susu dan produk olahannya.
Anda tidak akan kekurangan gizi akibat diet vegan, asalkan Anda menggantinya dengan mengonsumsi sayuran dan makanan nabati lainnya yang mengandung nutrisi yang sama. Misalnya, Anda dapat mengganti kebutuhan kalsium dari susu dengan brokoli.
Menambahkan satu ons kacang mentah dalam diet sehari-hari juga dapat membantu mencukupi kebutuhan protein dan lemak sehat yang mampu mencegah obesitas, menormalkan tekanan darah, dan menstabilkan gula darah, yang semuanya merupakan tanda-tanda sindrom metabolik yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
(vta/vta)
Studi tersebut melibatkan 121 orang dengan diabetes tipe 2 yang sedang dalam terapi pengobatan obat anti-diabetes. Hasil studi diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, seperti ditulis Naturalnews, Kamis (21/2/2012).
Peneliti membagi pasien diabetes tersebut menjadi dua kelompok, di mana kelompok pertama diminta mengubah diet dengan mengonsumsi kacang-kacangan mentah setidaknya satu cangkir per hari. Sedangkan kelompok kedua tidak melakukan perubahan sama sekali terhadap dietnya.
Setelah sepuluh hari masa studi, peneliti kembali memeriksa kadar gula darah pasien dan menemukan bahwa kelompok pasien yang mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari memiliki kadar gula darah yang cukup stabil dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengubah dietnya.
"Diet makanan mentah atau diet vegan rupanya memberikan kontribusi yang baik untuk pasien diabetes karena rendah glikemik. Bahkan efek dari perubahan diet vegan tersebut dapat Anda rasakan hanya dalam waktu 10 hari setelah memulai diet," kata David JA Jenkins, MD, peneliti dari University of Toronto.
Setelah mengetahui hasil penelitian tersebut, para pasien diabetes kemudian mulai beralih sepenuhnya ke diet vegan. Kondisi kesehatan pasien semakin hari semakin membaik dan kadar gula darahnya mendekati normal.
Ternyata, perubahan kecil tersebut mampu menunjukkan perbaikan yang signifikan bagi pasien diabetes yang memilih gaya hidup vegan. Seseorang yang akan menjalani diet vegan harus menghindari konsumsi segala jenis daging-dagingan atau segala sesuatu yang berasal dari binatang, termasuk telur, susu dan produk olahannya.
Anda tidak akan kekurangan gizi akibat diet vegan, asalkan Anda menggantinya dengan mengonsumsi sayuran dan makanan nabati lainnya yang mengandung nutrisi yang sama. Misalnya, Anda dapat mengganti kebutuhan kalsium dari susu dengan brokoli.
Menambahkan satu ons kacang mentah dalam diet sehari-hari juga dapat membantu mencukupi kebutuhan protein dan lemak sehat yang mampu mencegah obesitas, menormalkan tekanan darah, dan menstabilkan gula darah, yang semuanya merupakan tanda-tanda sindrom metabolik yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
(vta/vta)
Anda punya pengalaman diet yang menginspirasi? Silakan berbagi pengalaman Anda, dan jangan lupa sertakan foto sebelum dan sesudah diet di Sini
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
-
Sabtu,18/05/2013 16:08 WIB
Agar Pria Berpenis Mungil Pede, Kontes Mr P Terkecil Digelar
-
Sabtu,18/05/2013 14:04 WIB
2 Bocah Kembar Ini Lahir Prematur dengan Jarak 14 Hari
-
Sabtu,18/05/2013 13:02 WIB
Tanaman Kakao Berpotensi Jadi Obat Flu Burung
-
Sabtu,18/05/2013 12:01 WIB
Agar Tak Terinfeksi Bakteri Tinja di Kolam Renang, Lakukan Langkah Ini
-
Sabtu,18/05/2013 10:25 WIB
Inilah Alasan Mengapa Air Kelapa Murni Itu Menyehatkan
-
Sabtu,18/05/2013 09:42 WIB
Tak Hanya untuk Bikin Cokelat, Kakao Juga Bisa Jadi Obat Tifus
-
Ulasan Khas Alergi
Begini Caranya Dapat Momongan Ketika Punya Alergi Sperma
-
Ulasan Khas Alergi
Alergi Lateks, Salah Satu Penyebab Orang Malas Pakai Kondom
-
Ulasan Khas Alergi
Andai Semua Orang Alergi Uang, Masih Adakah Korupsi?
-
Ulasan Khas Alergi
Ini Dia 5 Pemicu Alergi pada Anak
-
Ulasan Khas Alergi
Waspadai, Ini Tandanya Tubuh Mengalami Alergi Cuaca
-
Ulasan Khas Alergi
Hati-hati Pilih Obat, Salah-salah Tidak Jadi Sembuh Malah Alergi
-
Ulasan Khas Alergi
Alergi Tak Bisa Sembuh, Hindari Pemicu Atau Malah Harus Dibiasakan?
-
Ulasan Khas Alergi
Lakukan Tes Ini Jika Curiga Punya Alergi
-
Sabtu, 18/05/2013 16:08 WIB
Agar Pria Berpenis Mungil Pede, Kontes Mr P Terkecil Digelar
-
Sabtu, 18/05/2013 10:25 WIB
Inilah Alasan Mengapa Air Kelapa Murni Itu Menyehatkan
-
Sabtu, 18/05/2013 07:53 WIB
5 Kesalahan Terbesar Orang Saat Makan dan Olahraga
-
Sabtu, 18/05/2013 12:01 WIB
Agar Tak Terinfeksi Bakteri Tinja di Kolam Renang, Lakukan Langkah Ini
-
Sabtu, 18/05/2013 14:04 WIB
2 Bocah Kembar Ini Lahir Prematur dengan Jarak 14 Hari
-
Jumat, 17/05/2013 19:00 WIB
Bertengkar dengan Kekasih, Pria Ini Nekat Potong Penisnya Sendiri
-
Jumat, 17/05/2013 19:30 WIB
Baru Periksa Setelah 8 Bulan Testisnya Benjol, Pria Ini Akhirnya Tewas
-
Jumat, 17/05/2013 18:15 WIB
Kebiasaan Bercinta Bisa Bikin Perut Buncit?
-
7 Komentar
-
6 Komentar
-
5 Komentar
-
5 Komentar
-
5 Komentar
-
4 Komentar
-
4 Komentar
-
3 Komentar
-
Kalkulator Seks
Berapa Kali Anda Pernah Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Lama Berhubungan Seks
Berapa Durasi Rata-rata Ketika Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Masa Subur
Kapan Perkiraan Masa Paling Subur Anda?
Must Read
close
-
Jumat, 17/05/2013 08:00 WIB
Anak Bersikap Agresif? Ini Dia Faktor Pemicunya
-
Jumat, 17/05/2013 07:45 WIB
Peneliti Unair Obati Pasien HIV dengan Propolis Lebah
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer

Cek Masa Pertumbuhan Anak Anda






_7.gif)

