detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Antibiotik untuk Penyakit Kencing Nanah

Selasa, 26/02/2013 11:16 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok saat ini saya sedang mengalami penyakit kencing nanah. Ini adalah kali ketiga saya mengalami penyakit ini. Pada pengobatan pertama saya diberi antibiotik oleh dokter. Pengobatan kedua saya diberikan suntikan dan obat antibiotik (obat minum).

Pertanyaan saya apakah bisa pada penyakit yang ketiga ini saya membeli obat antibiotiknya saja di apotek sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter tempat saya berobat tanpa melakukan penyuntikan? Terimakasih.

Fauzi (Pria lajang, 25 tahun)
fauziXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 171 cm, berat badan 57 kg

Jawaban:

Salam Fauzi,
Kencing nanah biasanya disebut dengan gonore, yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Hal utama yang perlu dilakukan ialah hentikan dahulu hubungan intim. Hal ini karena risiko menularkan ke pasangan dan jika diobati tidak bersamaan maka infeksi dapat terus berlanjut saling menularkan, yang disebut fenomena ping pong.

Dianjurkan untuk berobat ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih tepat karena gonore dapat diikuti dengan penyakit lain. Dan yang tidak boleh dilupakan untuk membawa pasangan seksual berobat untuk menghindari penularan, karena wanita yang
terkena kencing nanah umumnya gejala lebih tidak banyak keluhannya.

Untuk menggunakan antibiotik yang sama seperti yang dulu pernah didapat tidaklah
disarankan. Hal ini karena kuman tersebut memiliki pola resistensi terhadap
antibiotik yang cepat sekali berubah.

Hal ini antara lain disebabkan juga oleh pengobatan sendiri dengan antibiotik yang tidak tepat atau dosis yang salah. Jika terjadi resistensi terhadap antibiotik, maka terdapat kemungkinan pengobatan berikutnya menjadi lebih sulit dan mahal karena dibutuhkan antibiotik yang lebih tinggi.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit