detikhealth

Balita Ini Tersiksa Gatal-gatal Seperti Digigit Jutaan Nyamuk

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 26/02/2013 11:29 WIB
Balita Ini Tersiksa Gatal-gatal Seperti Digigit Jutaan NyamukAarron Higgins & Jacqueline (dok: Daily mail)
London, Gatal sedikit saja sudah mengganggu, tapi apa jadinya jika gatal terus menerus yang rasanya ingin digaruk sampai berdarah. Ini dialami oleh Aarron Higgins yang tersiksa dengan gatal dan hanya bisa diringankan dengan transplantasi hati.

Balita berusia 4 tahun ini memiliki kondisi langka yang membuatnya merasa seperti digigit jutaan nyamuk setiap harinya. Aarron menderita penyakit mengancam jiwa yang disebut Alagille Syndrome yang mempengaruhi organ-organ vital yang membuat kulitnya gatal-gatal tak tertahankan.

Segera setelah Aarron lahir, ia mengembangkan bentuk langka dari penyakit kuning yang membuatnya mengalami gatal-gatal. Serangkaian tes panjang pun dilakukan hingga akhirnya dokter spesialis berhasil mendiagnosisnya dengan sindrom tersebut yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan empedu di dalam hati yang memicu gatal.

"Ketika gatal dia akan benar-benar frustasi, tidak peduli berapa banyak goresan di kulit atau darah yang keluar akibat menggaruk. Kondisi ini hanya semakin memburuk, ia tidak bisa tidur dan tak tahan panas," ujar sang ibu, Jacqueline (40 tahun), seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (26/2/2013).

Jacqueline menuturkan gatal yang muncul ini tergantung dari jumlah cairan empedu di dalam tubuhnya. Ketika tidak gatal, Aarron akan baik-baik saja dan ia memiliki semangat yang besar.

Aarron tergolong anak yang pemberani, ia telah menjalani 15 kali operasi termasuk bedah jantung terbuka. Tapi karena sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah, ia mengalami infeksi.

Rencananya bulan depan dokter spesialis hati dari King College Hospital di London akan melihat apakah ia sudah cocok untuk melakukan transplantasi hati. Hal ini karena meski tidak dapat disembuhkan, transplantasi hati dapat meringankan gatal-gatal.

"Saya pikir mereka harus melakukan transplantasi untuk dia. Ini adalah keputusan sulit yang saya pikir dalam jangka panjang akan lebih baik baginya karena gatal adalah masalah utama dia dengan kualitas hidup," ungkap Jacqueline.

Bagi Aarron ia lebih menyukai cuaca dingin saat musim dingin karena bisa menenangkan atau mengurangi rasa gatalnya. Terkadang ia harus menggunakan rompi, legging, kaus kaki dan sarung tangan untuk mengurangi rasa gatal.

Alagille syndrome adalah gangguan genetik mengancam jiwa yang menyebabkan hilangnya saluran empedu di dalam hati. Hal ini membuat penumpukan cairan empedu di hati yang menyebabkan sel-sel hati rusak. Dampak jangka panjangnya bisa menyebabkan jaringan parut yang memicu sirosis.

Gejala yang muncul termasuk sakit kuning, feses cair dan pertumbuhan yang buruk dalam 3 bulan pertama kehidupan. Kemudian dilanjutkan dengan rasa gatal yang persisten serta timbunan lemak di kulit.

Kondisi ini diperkirakan mempengaruhi sekitar 1 dari 100.000 anak, dan anak-anak dengan sindrom ini cenderung memiliki dahi yang menonjol dan lebar, hidung lurus dan dagu yang runcing kecil.

Pengobatan untuk Alagille syndrome ini berfokus pada usaha meningkatkan aliran empedu dari hati, terkadang transplantasi hati dipertimbangkan untuk meringankan sindrom ini.

(ver/vta)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit