detikhealth

Ini Dia Cara Brilian untuk Dapatkan Perut Rata

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Selasa, 26/02/2013 13:20 WIB
Ini Dia Cara Brilian untuk Dapatkan Perut RataFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Sudah melakukan berbagai cara tapi perut tidak juga rata alias masih tetap buncit? Hmm mungkin ada yang salah dengan cara yang Anda lakukan.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk membuat perut Anda rata, seperti dikutip dari
Times of India, Selasa (26/2/2013):

1. Mulai dengan Latihan Ringan
Tidak perlu memulai langkah Anda mendapatkan perut rata dengan cara-cara yang berat seperti misalnya langsung melakukan angkat beban 10 kg atau sit-up 30 kali. Jika Anda belum terbiasa, maka akan sangat mudah kelelahan dan merasa terbebani.

Yang paling baik adalah memulainya dengan latihan ringan. Misalnya latihan angkan beban ringan dengan memegang papan selama 20 detik. Atau Anda juga bisa sit-up sebanyak 10 kali, lalu perlahan tingkatkan bebannya di hari-hari selanjutnya.

2. Pemanasan
Beberapa orang tidak menyadari betapa pentingnya melakukan pemanasan yang benar sebelum olah raga. Hal ini terjadi karena beberapa orang menganggap pemanasan hanyalah membuang-buang waktu.

Padahal melakukan peregangan pada otot-otot akan mengurangi risiko terjadinya cedera. Berjalan-jalan kecil, melakukan gerakan berbaris, memutar pinggang dengan lembut, membungkuk ke depan sambil menyentuh kaki adalah beberapa gerakan yang dapat membantu peregangan.

3. Bernapas
Maksudnya adalah bukan bernapas seperti biasa, melainkan mengatur pernapasan dengan baik. Sebab oksigen sangat penting bagi inti otot agar dapat bekerja secara optimal.

Jadi, jangan tahan nafas Anda. Tariklah nafas ketika Anda melakukan hal yang mudah, dan hembuskan ketika Anda mengerahkan kekuatan. Contohnya adalah saat Anda melakukan sit-up.

4. Pikiran yang Fokus
Jika Anda pikir hanya otot yang bekerja saat melakukan push-up, Anda salah. Pikiran juga memiliki peran penting dalam jadwal olahraga Anda. Jadi, hindari menonton TV ketika Anda sedang berolahraga, dan berkonsentrasilah pada otot.

5. Menambah Gerakan
Untuk mendapatkan perut yang rata dengan cepat, Anda bisa menambah berbagai gerakan dalam latihan Anda. Jadi jangan hanya berkonsentrasi pada push-up, tapi ada baiknya Anda melakukan gerakan lain seperti gerakan memutar-mutan badan ke kanan dan ke kiri.

6. Keseimbangan
Untuk mendapatkan otot perut yang kuat, Anda harus menggabungkan beberapa gerakan yang menuntut keseimbangan. Misalnya berdiri dengan satu kaki sementara kaki lain bertumpu pada paha, lalu angkat lengan di atas kepala dan telapak tangan menyentuh kuping, seperti bentuk pohon.

7. Beristirahat Cukup
Latihan yang Anda lakukan akan memberikan hasil yang baik jika Anda mengimbanginya dengan istirahat cukup. Latihan yang berlebihan tidak akan membuat Anda dengan segera mendapatkan perut rata. Malah istirahat cukup akan membantu otot Anda untuk pembaharuan sel dan membuatnya lebih kuat.

8. Pelan Tapi Pasti
Menambah kecepatan dan buru-buru melakukan latihan juga tidak efektif menyingkirkan perut buncit. Pelan-pelan saja, tapi lakukan latihan yang baik dan benar sehingga latihan yang Anda lakukan benar-benar membakar lemak Anda.

9. Yoga
Bosan nge-gym? Cobalah yoga. Kebanyakan pose-pose yoga baik untuk memperkuat otot. Anda tidak hanya melatih pikiran, tetapi juga membantu tubuh lebih fleksibel dan mengurangi tingkat stres.

10. Perhatikan Makanan Anda
Jika Anda menginginkan otot perut yang rata, Anda harus makan dengan benar dan berolahraga rutin. Agar perut Anda senantiasa rata, seorang ahli nutrisi menyarankan agar asupan makanan terdiri dari produk protein, susu rendah lemak, buah-buahan serta sayuran.

(vit/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit