detikhealth

Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

dr. Dito Anurogo, medical doctor at Indonesian Young Health Professionals' Society (IYHPS).

Tidak Sakit Tapi Lidah Terasa Pahit, Pertanda Apa?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 28/02/2013 16:41 WIB
Tidak Sakit Tapi Lidah Terasa Pahit, Pertanda Apa?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Papa aku sudah sebulan merasakan lidahnya pahit, padahal dia tidak dalam keadaan sakit. Kenapa ya? Atau itu tanda-tanda suatu gejala penyakit?

Ina (Wanita Lajang 28 Tahun)
na.XXX@yahoo.com
Tinggi 156 cm dan Berat 43 kg

Jawaban:

Sebelum menjawab pertanyaan Ina, ada baiknya kita sedikit mengenal lidah. Ada tiga tipe utama papillae di lidah, yaitu: fungiform, foliate, dan circumvallate.

Informasi rasa (taste) dikirimkan ke otak melalui tiga saraf otak (cranial nerves):

1. saraf VII (nervus fasialis)
2. saraf IX (nervus glosofaringeus)
3. saraf X (nervus vagus)

Meskipun secara teknis bukan saraf pengecap/perasa (gustatory nerve), saraf V bersama-sama saraf utama (primary nerve) berjalan dengan berbagai serabut saraf gustatory dan menambahkan suhu, tekstur, ketajaman rasa, sensasi pedas (termasuk pahit), untuk mencicipi dan merasakan "berjuta pengalaman".

Kembali kepada pertanyaan Ina, yang menyatakan bahwa: lidah Papa terasa pahit selama satu bulan, padahal beliau tidak sakit.

Ada kemungkinan papa Ina menderita penyakit/gangguan lidah yang disebut disturbances of tongue taste. Hal ini memang telah lama disebutkan oleh Abullhassan Attabari di dalam buku "The Hippocratic Treatments".

Gangguan rasa (disturbance of the taste) ini juga telah tertulis di dalam buku Al-Qanun karya Ibnu Sina. Penyebabnya multifaktor; bisa disebabkan karena faktor sistemik atau bisa juga faktor lokal. Faktor sistemik misalnya karena adanya gangguan atau penyakit yang berkaitan dengan lidah dan saluran pencernaan, sedangkan faktor lokal misalnya karena makanan, minuman, obat-obatan yang dikonsumsi, atau gangguan anatomis dan fisiologis lidah.

Untuk memastikan, apakah rasa pahit di lidah itu masih dalam batas normal, sebatas gangguan fungsi lidah, atau karena ada penyakit tertentu, silakan memeriksakan papa Ina ke dokter terdekat.

Demikian penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.

Salam SEHAT dan SUKSES selalu!

Dokter Dito Anurogo
Konsultan detik.com, penulis buku, hamba Allah.


(up/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit