detikhealth

Gadis Ini Bisa Tidur Puluhan Jam & Jadi 'Liar' Tanpa Sadar

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 01/03/2013 14:31 WIB
Halaman 4 dari 4
"Berat sekali melihat teman-teman basket saya pergi ke olimpiade. Saya cuma bisa melihat mereka dan berharap saya juga masih bisa melakukan hal itu, tapi nyatanya saya tidak bisa," kata Lois putus asa.

KLS merupakan kondisi neurologis yang biasanya menyerang remaja setelah mereka mengalami infeksi atau penyakit. Tanda gangguan ini adalah periode tidur yang berlebihan, hingga 20 jam dalam sehari. Episode tidur lama ini datang dengan singkat namun berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa pekan.

Saat berada dalam keadaan ini, penderitanya bisa jadi berubah menjadi sosok yang mudah tersinggung, kekanak-kanakan, dan makan dalam jumlah berlebihan. Pasien bisa saja bangun dalam keadaan normal, namun mereka tidak menyadari perbuatan aneh yang dilakukan selama periode tidur panjang itu. Keadaan ini membuat beberapa orang merasa tertekan.

Lois hanyalah satu 1.000 orang di seluruh dunia yang mengalami gangguan ini. 70 Persen penderitanya adalah laki-laki. Hingga kini belum ada obat yang mujarab untuk mengatasi gangguan tersebut, sehingga disebut-sebut pengobatan utamanya adalah penjagaan dan kasih sayang dari keluarga dan orang-orang dekat.



Halaman 1 2 3 4
(vit/ver)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit