detikhealth

Wanita Jadi Gendut Bisa Jadi karena Jarang Bersih-bersih Rumah

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Sabtu, 02/03/2013 10:04 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/thinkstocks
Jakarta, Obesitas berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, serangan jantung dan diabetes. Pola makan berlebihan seringkali dijadikan kambing hitam. Ternyata penyebabnya juga bisa dari hal yang tak terduga, misalnya karena jarang bersih-bersih rumah.

"Sebagian besar penelitian mengenai obesitas hanya berfokus pada orang-orang dengan pekerjaan formal, mengabaikan segmen besar dari populasi, yakni wanita. 50 tahun lalu, sebagian besar wanita tidak bekerja di luar rumah," kata Edward Archer, peneliti dari University of South Carolina seperti dilansir New York Times, Sabtu (2/3/2013).

Untuk mengetahui kecenderungan obesitas di kalangan wanita, Archer mencari data mengenai kegiatan dan berapa banyak waktu yang dihabiskan para wanita di rumah. Data diperoleh dari American Heritage Time Use Study yang berisi catatan harian ribuan wanita.

Karena Archer ingin mengetahui bagaimana wanita menghabiskan waktunya di rumah, maka ia membandingkan data dari wanita yang bekerja dan yang tak bekerja sejak tahun 1965 hingga 2010. Data mengenai berapa lama para wanita melakukan kegiatan dan berapa banyak kalori dibakar dianalisis.

Hasilnya menemukan bahwa wanita di tahun 1965 banyak yang aktif di rumah lewat kegiatan seperti belanja, bersih-bersih, memasak dan mencuci. Ketika itu, rata-rata para wanita menghabiskan waktu 25,7 jam dalam seminggu untuk melakukan kegiatan rumah tangga yang cukup membakar energi.

Di tahun 2010, terjadi perubahan secara dramatis. Data menujukkan bahwa rata-rata wanita hanya menghabiskan waktu selama 13,3 jam per minggu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Yang mencolok, kebanyakan wanita lebih banyak menghabiskan waktunya duduk di depan layar monitor dan komputer.

Pada tahun 1965, kebanyakan wanita menghabiskan waktunya untuk menonton televisi selama sekitar 8 jam dalam seminggu. Ketika itu memang belum ditemukan komputer. Pada tahun 2010, durasi menonton TV meningkat 2 kali lipat menjadi 16,5 jam per minggu.Next

Halaman 1 2
(ptr/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit