detikhealth

Seluk-beluk Operasi Plastik

Agar Hidung Lebih Mancung, Siapkan Rp 7 Juta untuk Operasi Plastik

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 06/03/2013 12:01 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Untuk memperbaiki penampilan sehingga terlihat lebih menarik, operasi plastik menjadi pilihan sebagian orang. Merogoh kocek lebih dalam pun harus dilakukan untuk menjalani prosedur ini. Berjuta-juta rupiah harus dikeluarkan demi mendapat hidung yang lebih mancung.

"Rata-rata biayanya tujuh sampai dua puluh lima juta. Hidung sendiri memakan biaya Rp 7 juta," kata dr. Aditya Wardana, SpBP, dokter dari Divisi Bedah Plastik, Departemen Ilmu Bedah FKUI/RSCM, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/3/2013).

Sedangkan untuk rekonstruksi payudara, bahan implan padatnya memakan biaya sekitar Rp 9-10 juta. Total implan dan pengoperasian secara menyeluruh untuk payudara dapat menghabiskan biaya Rp 25 juta rupiah.

"Semua itu tergantung waktu yang dihabiskan dalam pengerjaannya," sambung dr Adit.

Jadi semakin lama maka akan semakin mahal biayanya. Berpa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan operasi ini? "Biasanya sekitar empat sampai enam jam jika organ yang dioperasi memiliki kerumitan tinggi (rekonstruksi)," terang dr Adit.

Dikutip dari wikipedia, bedah plastik di Indonesia dirintis oleh Prof Moenadjat Wiratmadja. Pendidikan bedah plastik dijalaninya di Washington University/ Barnes Hospital di Amerika Serikat setelah merampungkan spesialis bedah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close