detikhealth

Cobalah Cara Ini Agar Badan Tidak Melar Setelah Menikah

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 07/03/2013 11:00 WIB
Cobalah Cara Ini Agar Badan Tidak Melar Setelah Menikah(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Banyak orang percaya dengan mitos bahwa setelah menikah, Anda akan semakin gemuk. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi mental yang lebih bahagia, tetapi mungkin juga disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat yang Anda lakukan setelah pernikahan.

Berikut 7 hal yang perlu dilakukan oleh pengantin baru agar terhindar dari penambahan berat badan usai pernikahan, seperti dikutip dari Best Health, Kamis (7/3/2013) antara lain:

1. Hindari diet dengan tujuan mempersiapkan tubuh yang indah di hari H pernikahan
Kebanyakan wanita memilih untuk melakukan diet kilat menjelang hari pernikahannya, dengan alasan agar tubuh tampak langsing dan indah saat mengenakan gaun pengantin. Tetapi sayangnya, tidak banyak wanita yang mempertahankan kebiasaan dietnya setelah menikah.

Diet ini dikenal dengan diet yo-yo dimana berat badan dapat turun dengan cepat dan kemudian dapat bertambah lagi dengan cepat ketika Anda lengah. Hal ini justru dapat mengganggu kinerja alami sistem metabolisme tubuh, sehingga membuat Anda lebih mudah mengalami penambahan berat badan di kemudian hari.

Anda juga akan menemui kesulitan untuk kembali ke rutinitas makan sebelum diet. Alih-alih berfokus pada kehidupan pernikahan, Anda juga harus menyesuaikan atau beradaptasi kembali dengan pola makan harian sebelum diet.

2. Mengontrol porsi makan
Salah satu alasan yang paling umum bertambahnya berat badan setelah menikah adalah karena terkadang istri makan dalam porsi yang hampir sama dengan suaminya. Hal ini sering terjadi ketika Anda makan malam di restoran dan memilih menu yang sama dengan suami.

Tetapi wanita dan pria membutuhkan sejumlah kalori yang berbeda, dimana perbedaannya dapat mencapai 500-800 kalori, tergantung pada tingkat aktivitas.

3. Lebih selektif dalam memilih stok makanan
Pernikahan akan membuat hari-hari Anda berubah, jika biasanya Anda tidur sendirian dan memasak makanan untuk satu orang saja, kini ada pasangan yang menemani Anda. Hal ini juga berarti bahwa Anda perlu memiliki persediaan makanan yang lebih banyak di kulkas.

Jika stock makanan dalam kulkas bertambah dan terdiri dari makanan yang tidak sehat, hal ini dapat meningkatkan risiko Anda terhadap kegemukan. Oleh karena itu, eliminasi makanan seperti keripik asin dan kue-kue manis, sebagai gantinya isilah kulkas dengan camilan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

4. Cobalah makan malam dengan pola prasmanan
Salah satu trik untuk mencegah kegemukan setelah hidup berdua berasam pasangan adalah dengan menyiapkan makanan dengan pola prasmanan. Pisahkan antara makanan yang mengandung protein, karbohidrat, atau sayuran.

Cara ini membuat Anda lebih mudah memilih item makanan yang sesuai. Pria lebih banyak membutuhkan karbohidrat karena tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi, sedangkan wanita dapat mengambil makanan berkarbohidrat yang lebih sedikit.

5. Hindari ngemil ketika menonton TV
Kehidupan pengantin baru banyak dihabiskan untuk menghabiskan waktu berdua di kamar atau menonton TV. Duduk di depan TV dapat menghambat pengeluaran energi dalam tubuh yang seharusnya digunakan untuk beraktivitas.

Terlalu lama duduk di depan TV bersama pasangan dan masih ditambah dengan makan camilan yang tidak sehat seperti keripik, akan membuat berat badan bertambah.

6. Kurangi intensitas makan di luar
Di awal-awal pernikahan, mungkin pasangan pengantin baru lebih sering makan di luar di tempat yang romantis untuk menikmati kehidupan barunya. Tanpa Anda sadari, hal ini akan membuat berat badan Anda bertambah.

Cobalah untuk makan memasak sendiri makanan Anda, selain lebih hemat dan sehat, pria lebih menyukai makanan yang dibuat oleh istrinya sendiri. Meskipun rasanya mungkin tidak selezat makanan restoran, tetapi suami akan lebih menghargai makanan yang dibuat oleh tangan sang istri.

7. Berolahraga bersama
Pernikahan sebenarnya dapat mempromosikan hidup yang lebih sehat, karena kini Anda memiliki teman untuk berolahraga di pagi hari setelah bangun tidur. Berolahragalah bersama pasangan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan suami istri.





(vit/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit