detikhealth

Cobalah Cara Ini Agar Badan Tidak Melar Setelah Menikah

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 07/03/2013 11:00 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Banyak orang percaya dengan mitos bahwa setelah menikah, Anda akan semakin gemuk. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi mental yang lebih bahagia, tetapi mungkin juga disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat yang Anda lakukan setelah pernikahan.

Berikut 7 hal yang perlu dilakukan oleh pengantin baru agar terhindar dari penambahan berat badan usai pernikahan, seperti dikutip dari Best Health, Kamis (7/3/2013) antara lain:

1. Hindari diet dengan tujuan mempersiapkan tubuh yang indah di hari H pernikahan
Kebanyakan wanita memilih untuk melakukan diet kilat menjelang hari pernikahannya, dengan alasan agar tubuh tampak langsing dan indah saat mengenakan gaun pengantin. Tetapi sayangnya, tidak banyak wanita yang mempertahankan kebiasaan dietnya setelah menikah.

Diet ini dikenal dengan diet yo-yo dimana berat badan dapat turun dengan cepat dan kemudian dapat bertambah lagi dengan cepat ketika Anda lengah. Hal ini justru dapat mengganggu kinerja alami sistem metabolisme tubuh, sehingga membuat Anda lebih mudah mengalami penambahan berat badan di kemudian hari.

Anda juga akan menemui kesulitan untuk kembali ke rutinitas makan sebelum diet. Alih-alih berfokus pada kehidupan pernikahan, Anda juga harus menyesuaikan atau beradaptasi kembali dengan pola makan harian sebelum diet.

2. Mengontrol porsi makan
Salah satu alasan yang paling umum bertambahnya berat badan setelah menikah adalah karena terkadang istri makan dalam porsi yang hampir sama dengan suaminya. Hal ini sering terjadi ketika Anda makan malam di restoran dan memilih menu yang sama dengan suami.

Tetapi wanita dan pria membutuhkan sejumlah kalori yang berbeda, dimana perbedaannya dapat mencapai 500-800 kalori, tergantung pada tingkat aktivitas.Next

Halaman 1 2 3
(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit