Cukup 7 Langkah Ini untuk Pangkas Lemak Perut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 07/03/2013 12:03 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Perut buncit dan berlemak adalah musuh para lelaki saat mulai tumbuh dewasa. Mengecilkannya bukan perkara mudah, butuh usaha dan strategi yang tepat jika ingin cepat membuahkan hasil. Untung hanya butuh 7 langkah untuk melakukannya.

Langkah-langkah mudah yang harus dilakukan untuk memangkas lemak adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Body and Soul, Kamis (7/3/2013).

1. Beli skipping rope
Skipping atau loncat tali merupakan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Hanya butuh beberapa menit untuk meningkatkan laju metabolisme dengan cara meloncat-loncat. Ketika beristirahat, tubuh tetap akan membakar banyak kalori sesudahnya.

2. Ganti semua minuman dengan air putih
Termasuk alkohol, juga harus diganti dengan air putih. Hidrasi atau kecukupan cairan tubuh sangat penting dalam menjaga kesehatan secara umum, termasuk menjaga berat badan. Selain murah, air putih juga memiliki nol kalori dan nol aditif atau bahan tambahan.

3. Olahraga 2 menit saja
Saat bangun tidur dan sepulang keja, lakukan olahraga ringan selama 1-2 menit. Latihan polimetrik seperti star jump dan burpees bisa jadi pilihan. Sama seperti loncat tali, olahraga ini juga meningkatkan denyut jantung dan laju metabolisme dengan memanfaatkan waktu yang sangat terbatas.

4. Pangkas kalori
Kurangi sumber makanan kaya-kalori seperti karbohidrat dengan mengganti menu makan yang lebih banyak buah dan sayurnya. Makanan tersebut rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga perut cepat kenyang tanpa harus menanggung risiko kelebihan kalori.

5. Hitung langkah kaki setiap hari
Siapkan pedometer atau alat penghitung langkah kaki dan pastikan dalam sehari berjalan tidak kurang dari 10.000 langkah. Olahraga teratur ditambah aktif secara fisik, merupakan kombinasi yang bagus untuk memangkas berat badan. Mulai sekarang, sering-sering break di kantor untuk sekedar pergi ke toilet atau mendatangi rekan kerja di meja atau ruangannya.

6. Latihan olahraga nonstop
Saat sedang kejar target, tinggalkan dulu latihan beban lalu ganti dengan sesi latihan super-sirkuit. Intinya berbagai gerakan olahraga dilakukan tanpa jeda, nonstop sampai tidak punya tenaga lagi.

7. Manfaatkan akhir pekan
Jika pada hari-hari biasa lebih terburu-buru, olahraga bisa dilakukan dengna lebih santai di akhir pekan. Intensitas diturunkan, tetapi durasinya diperpanjang. Latihan yang tidak terlalu berat tetapi dilakukan dengan durasi yang lebih panjang manfaatnya tidak kalah dibandingkan super-sirkuit.


(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit