detikhealth

Bakteri Semakin Berkembang Akibat Antibiotik Tak Bekerja

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Selasa, 12/03/2013 10:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Antibiotik selama ini dikenal sebagai obat yang dapat membantu penyembuhan. Tetapi bagaimana jika ternyata antibiotik saat ini sudah tidak mampu menangani infeksi atau penyakit lainnya?

Antibiotik yang selama ini digunakan untuk berbagai penyembuhan justru menyebabkan 'ancaman bencana' bagi masyarakat. Hal ini dikatakan oleh kepala medis Inggris dalam peringatannya sebagai tindakan yang mendesak bagi seluruh dunia.

"Jika tidak diambil tindakan keras dalam penggunaan antibiotik, dan tidak ada penemuan yang baru, maka kita akan menemukan sistem kesehatan kita tidak berbeda seperti pada zaman abad 19 dalam beberapa hal," jelas Dame Sally Davies seperti dikutip dari Guardian, Selasa (12/3/2013).

Sementara beberapa antiobiotik gagal bekerja, bakteri kian berkembang. Meskipun 'superbug' methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan bakteri C telah berkurang di beberapa rumah sakit, namun telah terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan pada jenis-jenis bakteri lain, termasuk strain baru dari E coli dan Klebsiella yang menyebabkan pneumonia.

Bakteri tersebut termasuk bakteri gram negatif yang banyak ditemukan dalam usus, bukan pada kulit. Diketahui bakteri ini berbahaya bagi orang tua.

"Resistensi antimikroba merupakan ancaman bencana," kata Dame.

"Jika kita tidak bertindak sekarang, salah satu dari kita akan masuk ke rumah sakit pada 20 tahun mendatang untuk operasi kecil dan mati karena infeksi yang tidak dapat diobati dengan antibiotik dan akan mengalami operasi rutin seperti penggantian pinggul atau transplantasi organ. Hal ini mematikan karena adanya risiko infeksi," imbuhnya.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit