detikhealth

Dada Sesak dan Nyeri Punggung, Gejala Sakit Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 19/03/2013 11:45 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Langsung saja ya Dok, sudah 6 bulan ini saya merasakan tidak nyaman dengan badan saya, saat saya tarik napas dalam-dalam (pernapasan dada), punggung saya terasa sakit, terutama di punggung sebelah kiri. Terus di dada terasa sesak, tapi tidak sesak napas, hanya terasa penuh di ulu hati sampai ke dada. Ini saya rasakan setiap hari Dok, terus terkadang terasa nyeri di dada sebelah kiri.

Dulu saya perokok, tapi sejak ada gejala ini saya sudah berhenti merokok total. Dulu pernah saya periksakan ke RS Jantung, dan hasil diagnosanya normal Dok, penyakit apa ya Dok yang saya derita ini? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Gunawan (Pria Lajang 25 Tahun)
tanya_XXX@yahoo.com
Tinggi 175 cm dan Berat 60 kg

Jawaban:

Sebelumnya Bapak mengatakan bahwa bapak sudah pergi ke dokter dan melakukan tes pemeriksaan jantung. Pemeriksaan apa saja ya Pak yang telah dilakukan? Lalu dokternya mengatakan apa?

Mengenai nyeri dada, memang patut kita curigai, karena gejala ini mirip dengan gejala penyakit jantung. Gejala penyakit jantung antara lain nyeri dada khususnya di sebelah kiri seperti ada tekanan berat yang menimpa dada anda, disertai dengan gejala sesak dada, dan sesak napas.

Selain berasal dari jantung, penyebab nyeri dada bisa bersumber dari penyakit lain, seperti:Next

Halaman 1 2
(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit