detikhealth

Hipertensi & Sakit Jantung

Mau Cek Kesehatan Jantung? Ini Dia Jenis-jenisnya

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 20/03/2013 13:27 WIB
Halaman 1 dari 3
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Saat seseorang berusia 30 tahun ke atas dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan jantungnya. Nah, tes pemeriksaan jantung ada banyak macamnya. Tes seperti apa yang Anda butuhkan?

"Semua orang perlu melakukan pemeriksaan jantung khususnya di umur 30 tahun ke atas, dilakukan pada saat medical check-up," jelas dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr Muhammad Yamin, SpJP, FACC, FSCAI, dalam perbincangan dengan detikHealth, dan ditulis pada Rabu (20/3/2013).

Pemeriksaan bisa dilakukan setahun sekali, tetapi jika memiliki hal khusus maka bisa dimajukan jadi 6 bulan sekali. Nah, berikut ini beberapa jenis tes pemeriksaan kesehatan jantung.

1. Treadmill Test Saat Medical Chek-up

Melalui treadmill test bisa dideteksi dini apakah seseorang mengidap jantung koroner. Tingkat keberhasilan treadmill test untuk mendeteksi penyakit jantung, bisa mencapai 78 persen.

2. Echocardiogram/ USG Jantung

Echocardiogram merupakan alat perekam irama jantung. Cara kerjanya mirip dengan USG. Gunanya adalah untuk mengetahui apakah ruang-ruang jantung berada dalam kondisi normal, demikian pula dengan katup jantung, lubang antar ruang jantung kiri dan kanan, serta ketebalan otot jantung.Next

Halaman 1 2 3
(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit