Wahai Perempuan, Jangan Abaikan Libido yang Rendah

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 22/03/2013 10:02 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Libido yang rendah kerap kali menjadi keluhan para pasangan. Bagi Anda para perempuan, saat mengalami libido rendah maka jangan anggap enteng. Sebab selain bisa mengganggu kehidupan seks, libido rendah juga berarti membuat Anda kehilangan manfaat kesehatan.

Dr Valerie Omicioli, seorang praktisi menopause bersertifikat dan asisten profesor kebidanan, ginekologi dan ilmu reproduksi di University of Maryland School of Medicine, pun menyarankan agar perempuan jangan sampai mengabaikan keluhan libido rendah ini. Demikian dikutip dari Chicago Tribune, Jumat (22/3/2013).

Penyebab Libido Rendah

Ketika bicara libido, sebenarnya bukan hanya mengacu pada hasrat melakukan hubungan seks, tetapi juga pikiran, fantasi, dan keinginanj untuk terlibat dalam aktivitas seksual. Ketika libido turun dan menyebabkan tekanan pribadi, maka digunakan istilah gangguan hasrat seksual hipoaktif (hypoactive sexual desire disorder/ HSDD).

Harus dipahami bahwa hasrat dan aktivitas seksual yang 'normal' mungkin berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Hasrat dan aktivitas seksual juga berbeda dari waktu ke waktu.

Ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perasaan seksual. Ada beberapa hal yang mempengaruhi libido termasuk kondisi medis, pengobatan, masalah hubungan dengan pasangan, depresi, tingkat hormon, stres, dan situasi hidupnya. Keinginan seksual juga sangat terkait dengan kesehatan yang baik. Perempuan dengan kondisi kesehatan kronis biasanya mengeluhkan aktivitas seksualnya yang turun dan libidonya yang rendah.

Usia Berapa Perempuan Mengalami Libido Rendah?Next

Halaman 1 2
(vit/pah)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit