detikhealth

'Pelajaran Penting' dari Kematian Mendadak Ricky Jo

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 23/03/2013 11:03 WIB
Halaman 1 dari 3
Ricky Jo (Foto: twitter)
Jakarta, Lagi-lagi Indonesia dikejutkan dengan meninggalnya publik figur karena serangan jantung di usia yang relatif muda, kematian mendadak Ricky Jo di usia 45 tahun. Kematiannya memang mendadak, namun bila dipelajari lebih dalam, proses serangan jantung tidaklah terjadi secara tiba-tiba.

Presenter olahraga Ricky Jo tutup usia di umur yang relatif muda, 45 tahun. Kematian ayah 2 putri ini diduga karena sakit jantung. Serangan jantung memang terjadi secara tiba-tiba, walau proses yang terjadi pasti tidak tiba-tiba.

"Serangan jantung terjadi tiba-tiba walau kita tahu bahwa proses yang terjadi pasti tidak tiba-tiba. Ada proses aterosklerosis pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah dan terakhir sumbatan," jelas Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Praktisi klinis dari FKUI-RSCM, dalam rilis yang diterima detikHealth, Sabtu (23/3/2013).

Dr Ari menjelaskan jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang memperdarahi otot jantung, tentu akan membuat otot jantung yang terkena sumbatan tersebut menjadi kekurangan oksigen bahkan sampai menyebabkan kematian jaringan otot yang terkena.

"Selalu ada hikmah meninggalnya seorang sahabat, teman atau seseorang yang kebetulan kita kenal. Saya coba mengintip @Rick_Jo, ternyata ada 3 hal utama yang membuat hatinya galau 2 hari sebelum kepergian beliau," lanjut Dr Ari.

Ricky Jo sempat menyampaikan 'ocehannya' melalui twitter, antara lain miris terhadap kondisi yang ada saat ini, di mana orang saling menyalahkan dan merasa benar dan melupakan jati diri sebagai bangsa yang bermartabat.

Ricky juga menyampaikan kekecewaan terhadap kemacetan Jakarta, apalagi sebagai seorang selebritis membutuhkan 'tepat waktu' untuk sampai di tempat tugas atau pekerjaan.Next

Halaman 1 2 3
(mer/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit