detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Apa Pantangan untuk Orang yang Punya Keloid?

Selasa, 26/03/2013 14:45 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok saya di bagian dada ada keloid, kira-kira sudah 5 tahun yang lalu tapi dulunya kecil saja. Empat bulan yang lalu pernah dibedah tapi keloidnya muncul lagi 2 bulan habis dioperasi. Bulan lalu saya kecelakaan lukanya di kaki, jadi nambah lagi keloidnya. Yang saya mau tanya apa saja pantangan keloid? Apa ada makanan yang tidak boleh saya makan?

Haerul (Pria lajang, 24 tahun)
hrulifXXX@ovi.com
Tinggi badan 163 cm, berat badan 63 kg

Jawaban:

Salam Haerul,
Kecenderungan keloid berupa jaringan ikat yang tumbuh berlebihan pada bekas luka memang bisa terjadi pada beberapa individu. Area dada merupakan salah satu area tempat terjadinya keloid pada individu yang memiliki kecenderungan ini. Hal ini karena area dada adalah area yang sering terjadi tegangan dan tarikan.

Pengobatan operasi pada keloid perlu dipikirkan masak-masak karena memang memiliki risiko untuk tumbuh lagi di daerah luka operasi karena banyaknya sel penmbentuk keloid di area tersebut akibat adanya keloid yang lama. Untuk itu pasca operasi harus terus menerus dimonitor terhadap risiko terbentuk keloid yang baru.

Pada keloid tidak ada makanan yang dipantang. Usahakan berhati-hati supaya tidak terjadi luka di daerah riskan keloid misalnya telinga, dada, bahu, lengan atas, punggung, dan paha. Jika sudah terbentuk keloid pengobatan sedini mungkin akan memberikan hasil lebih baik. Garukan, tekanan dan tarikan akan membuat keloid tersebut semakin terangsang membesar sehingga harus dihindari.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit