detikhealth

Bakat Gemuk Bisa Ketahuan dari Bau Mulut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 27/03/2013 10:28 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Sama-sama doyan makan, seseorang bisa tetap langsing sementara yang lain gampang sekali menjadi gemuk. Bakat untuk menjadi gemuk semacam ini sekarang bisa dideteksi dari perbedaan komposisi gas yang ditemukan pada bau mulut seseorang.

Para peneliti dari Cedars-Sinai Hospital baru-baru ini melakukan tes bau mulut pada 792 orang. Hasil tes ini menunjukkan adanya 4 pola komposisi gas penyusun bau mulut, yakni dengan kadar hidrogen tinggi, kadar metana tinggi, kadar keduanya tinggi dan kadar keduanya sama-sama rendah.

Setelah dibandingkan, terungkap bahwa partisipan dengan kadar hidrogen dan metana sama-sama tinggi dalam bau mulutnya cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi. Artinya partisipan dengan pola seperti ini cenderung lebih gemuk dibanding yang lain.

Hasil pemeriksaan selanjutnya menunjukkan bahwa kadar hidrogen dan metana yang tinggi berhubungan dengan ketidakseimbangan mikroorganisme di dalam saluran cerna. Ketidakseimbangan itu menyebabkan perut menyerap lebih banyak nutrisi, termasuk kalori, sehingga lebih cepat gemuk.

"Ini adalah penelitan berskala besar pertama pada manusia yang mengaitkan produksi gas dengan berat badan," kata Ruchi Mathur yang memimpin penelitian ini dan mempublikasikan hasilnya di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (28/3/2013).

Pada partisipan dengan kadar hidrogen dan metana tinggi pada bau mulutnya, peneliti menemukan mikroorganisme Methanobrevibacter smithii dalam jumlah lebih banyak. Mikroorganisme ini bertanggung jawab dalam mengubah makanan menjadi energi, dengan metana sebagai produk sampingannya.

Temuan ini membuka peluang untuk menemukan cara baru untuk mengatasi kegemukan. Jika mikroorganisme penyebab gemuk tersebut bisa dikendalikan, dengan antibiotik misalnya, maka orang-orang yang susah langsing tidak perlu frustrasi lagi karena dietnya gagal terus.

(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit