detikhealth

Wow, Tubuh Manusia Bisa Dipakai untuk Meramal

Linda Mayasari - detikHealth
Sabtu, 30/03/2013 08:05 WIB
 Wow, Tubuh Manusia Bisa Dipakai untuk Meramalilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Tubuh seseorang rupanya memiliki kemampuan tersembunyi yang dapat memprediksi atau mengisyaratkan suatu kondisi tertentu. Bahkan, tubuh akan terlebih dulu menyadari perubahan suhu, cuaca, dan musim kemudian memberikan isyarat kepada Anda.

Seperti dilansir Womansday, Sabtu (29/3/2013) tubuh Anda dapat mengisyaratkan suatu peristiwa atau kondisi tertentu dengan cara ini:

1. Sendi Anda dapat memprediksi cuaca
Ketika terjadi hujan badai, sebelumnya akan diawali oleh penurunan tekanan atmosfer. Hal ini dapat dirasakan oleh ujung sensoris sendi, yang dapat meningkatkan tekanan cairan sendi dan menyebabkan sedikit rasa sakit.

Meskipun rasa sakit ini kedengarannya tidak menyenangkan, tetapi inilah cara tubuh memprediksi cuaca dan mengingatkan Anda untuk mewaspadai terjadinya hujan badai.

2. Mata dapat memperingatkan bahwa tubuh Anda terlalu dingin
Badan akan menggigil ketika Anda kedinginan, tetapi mata Andalah yang akan memperingatkan bahwa suhu tubuh Anda telah terlalu dingin dan berbahaya. Ketika hipotermia semakin parah, pembuluh darah di mata akan menyempit untuk menghemat energi.

Ketika suhu dingin telah menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata, segeralah menghangatkan diri. Hipotermia dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, kelelahan parah dan dapat menyebabkan kematian.

3. Denyut jantung dapat mengisyaratkan suatu peristiwa yang akan terjadi
Denyut jantung dapat memberikan sinyal pada tubuh bahwa Anda perlu mengantisipasi peristiwa-peristiwa tertentu yang akan terjadi tanpa isyarat. Peneliti dari Northwestern University menunjukkan serangkaian gambar dalam urutan yang tak terduga kepada para peserta studi dan mempelajari reaksinya.

Para peneliti menemukan bahwa detak jantung peserta akan dipercepat sebanyak 10 detik sebelum disajikan gambar yang menyeramkan. Hal ini menunjukkan bahwa jantung dapat memiliki firasat ketika sesuatu yang mendebarkan atau mengganggu akan terjadi.

4. Vagina wanita bisa diaktifkan sebelum otaknya bisa
Kebanyakan wanita berpikir bahwa dirinya akan menyadari ketika berada dalam keadaan terangsang, tetapi para peneliti dari Belanda tidak setuju dengan hal ini. Peneliti menunjukkan kepada wanita sebuah video erotis dan ternyata vaginanya telah lebih dulu terangsang tanpa disadarinya, dimana akan mengeluarkan cairan pelumas vagina.

5. Pupil mata dapat menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda sedang jatuh cinta
Pupil mata Anda akan cenderung membesar ketika berada dekat dengan orang yang Anda cintai. Dilatasi pupil dikontrol oleh sistem saraf simpatik, dimana sistem saraf ini akan bereaksi ketika melihat seseorang yang menarik, makanan yang tampak lezat, dan bahkan pemandangan alam yang indah.

6. Indra penciuman Anda dapat membangkitkan kenangan masa lalu
Korteks otak yang bertanggungjawab terhadap indra penciuman, terletak di dalam sistem limbik, yaitu tempat dimana seseorang menyimpan memori. Sehingga ketika Anda mencium aroma tertentu yang khas, misalnya seperti bau masakan favorit sang nenek, maka secara otomatis Anda akan teringat kembali dengan kenangan-kenangan masa lalu bersama nenek Anda.

7. Mata bisa memprediksi bahwa musim semi akan segera datang
Mata dapat menunjukkan bahwa musim dingin akan segera berakhir dan berganti dengan musim semi. Tanda-tandanya adalah mata akan cenderung gatal dan berair akibat jumlah serbuk sari tumbuhan dan spora yang akan meningkat ketika musim semi tiba. Serbuk sari ini dapat membuat mata terasa pedih, berair, dan gatal.

8. Migrain dapat menunjukkan terjadinya perubahan suhu yang ekstrim
Banyak orang yang terlalu sensitif terhadap perubahan cuaca ekstrim dapat memicu terjadinya migrain, misalnya seperti suhu yang sangat panas atau dingin. Perubahan cuaca dapat menyebabkan ketidakseimbangan bahan kimia otak, termasuk serotonin, yang dapat memicu migrain.

(vit/vit)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit