detikhealth

Capaian MDGs Indonesia Sudah Signifikan Tapi Masih Butuh Kerja Keras

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 01/04/2013 15:30 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Kukpri MDGs)
Yogyakarta, Tahun 2015 merupakan target akhir pencapaian MDGs (Millenium Development Goals) yang dicanangkan Indonesia bersama 189 negara anggota PBB lainnya. MDGs sendiri terdiri dari 8 tujuan utama.

Kedelapan tujuan utama tersebut yaitu 1). Penanggulangan kemiskinan dan kelaparan; 2). Memberikan pendidikan dasar yang universal; 3). Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; 4). Mengurangi tingkat kematian bayi; 5). Meningkatkan kesehatan ibu; 6). Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya; 7). Memastikan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan; serta 8). Membangun kemitraan global dalam pembangunan.

"Meskipun gambaran pencapaian MDGs di Indonesia sudah menunjukkan kemampuan yang signifikan, tetapi kita masih harus bekerja ekstra keras untuk mencapainya, terutama dalam penurunan angka kematian ibu, penanggulangan HIV/AIDS dan akses terhadap air minum serta sanitasi layak," ungkap Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K), Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs dalam Orasi Ilmiah Memperingati 40 Tahun Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM, Senin (1/4/2013).

Dalam orasinya, dokter spesialis mata lulusan UI ini mengungkapkan capaian tujuan MDGs di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, tujuan yang berhasil dicapai; kedua, tujuan yang menunjukkan kemajuan bermakna dan diharapkan dapat dicapai pada atau sebelum tahun 2015; ketiga, tujuan yang masih memerlukan upaya keras untuk mencapainya.

Untuk tujuan MDGs yang berhasil tercapai diantaranya MDG-1 yaitu penurunan angka kemiskinan dari 15,10 persen (1990) menjadi 12,49 persen (2011); MDG-3 yaitu rasio angka melek huruf perempuan terhadap laki-laki usia 15-24 tahun telah mencapai 99,95 persen pada 2011; dan MDG-6 yaitu pengendalian penyebaran dan penurunan jumlah kasus baru tuberkulosis (TBC). Indikasinya antara lain penurunan angka kejadian dan kematian berkat adanya strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course).

Sedangkan untuk tujuan MDGs yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2015 (on-track) dipaparkan hal-hal seperti MDG-2 yaitu proporsi murid kelas satu yang berhasil menamatkan sekolah dasar; MDG-4 yaitu penurunan yang sudah mendekati dua pertiga angka kematian neonatal atau pasca persalinan dan proporsi anak satu tahun yang mendapat imunisasi campak mengalami peningkatan tajam.

Kemudian MDG-5 yaitu peningkatan angka pemakaian kontrasepsi; peningkatan proporsi penduduk terinfeksi HIV lanjut yang memiliki akses pada obat-obatan antiretroviral (MDG-7) dan pemanfaatan teknologi informasi (MDG-8).Next

Halaman 1 2
(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close