detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Jumat, 19/12/2014 11:21
100 Konsultasi Terpopuler 2014
Jumat, 19/12/2014 10:47
100 Konsultasi Terpopuler 2014

Bangun Tidur Langsung Merokok, Risiko Kanker Mulut & Paru-paru Lebih Besar

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 02/04/2013 09:26 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Saking kuatnya ketergantungan yang dialaminya, biasanya perokok berat tak pernah bisa lepas dari rokok, bahkan mungkin ketika tidur sekalipun. Itulah sebabnya ada sejumlah perokok yang langsung menyalakan rokok sesaat setelah bangun tidur karena bibirnya terasa pahit jika tak keburu menghisap rokok.

Padahal menurut sebuah studi, orang yang langsung merokok seketika ia bangun tidur berisiko lebih tinggi terserang kanker mulut dan paru-paru.

Dari 1.945 partisipan perokok yang diamati peneliti menemukan 32 persen diantaranya dilaporkan menghisap rokok lima menit setelah bangun tidur dan 31 persen partisipan menyalakan rokok pertamanya hari itu enam hingga 30 menit setelah terbangun.

Orang yang langsung merokok ketika bangun tidur memiliki kadar senyawa nicotine-derived nitrosamine ketone (NNK) penyebab tumor yang lebih tinggi daripada orang yang menunggu satu jam lebih untuk menghisap rokok pertamanya hari itu, tak peduli berapapun batang rokok yang dihabiskannya hari itu.

"Kami percaya orang-orang yang merokok lebih awal ini menghisap rokoknya lebih banyak dan lebih mendalam," tandas ketua tim peneliti Steven Branstetter dari Penn State University, AS seperti dilansir The Sun, Selasa (2/4/2013).

Tapi tak hanya menentukan siapa pemilik risiko kanker mulut dan paru-paru tertinggi, studi ini juga menemukan bahwa kebiasaan menyalakan rokok sesaat setelah bangun tidur ini dapat mengesampingkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kadar NNK dalam tubuh seseorang seperti usia perokok, jenis kelamin dan pada usia berapa seseorang memulai kebiasaan merokoknya.

Peneliti berharap temuan ini mendorong munculnya metode baru untuk membantu perokok agar berhenti dari kebiasaan buruknya itu.

(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit