Telapak Kaki dan Tangan Selalu Berkeringat, Sakit Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 03/04/2013 11:52 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dokter saya mempunyai satu keluhan yang selalu menggagu pikiran saya dan membuat saya tidak percaya diri saya mengalami di bagian telapak tangan dan kaki saya selalu berkeringat. Apakah itu satu tanda pada penderita yang mengalami serangan jantung (heart attack)? Saya sudah mencoba banyak mengonsumsi air putih dan madu tapi tetap saja seperti ini. Menurut dokter apa penyebabnya dan obatnya? Terimakasih.

Kristian (Pria lajang 24 tahun)
january_XXX@yahoo.com
Tinggi 170 cm dan berat 50 kg

Jawaban:

Sebelumnya saya ingin bertanya, sejak kapan peristiwa tangan berkeringat terjadi? Apakah tangan berkeringat hingga basah walaupun berada pada ruangan yang ber-AC atau suhu yang dingin?

Mengenai tangan dan kaki berkeringat, Anda tidak perlu khawatir. Itu bukan gejala dari gagal jantung (heart attack). Penyebab dari tangan berkeringat ialah kelebihan kemampuan sistem saraf simpatik sehingga menyebabkan tangan berkeringat. Sistem saraf simpatik ialah bagian dari sistem saraf otonom yang bertugas untuk fungsi kelenjar keringat dan merangsang sekresi glukosa dalam hati. Sistem ini cenderung bertindak berlawanan arah terhadap sistem saraf parasimpatik.

Pengobatan untuk solusi tangan dan kaki berkeringat ialah pengobatan minimal invasive bedah thorascoscopic pengobatan tanpa membelah dada, atau memotong tulang rusuk dada. Pengobatan ini hanya memotong sayatan sangat kecil yakni sebesar 1,5 cm hingga 2 cm, di sekitar dada anda sebelah kiri.

Keuntungan dari operasi ini adalah trauma luka yang sangat kecil, tidak perlu memotong atau operasi besar hingga 20 cm, pemulihan yang sangat singkat hanya 3 hari langsung dapat sembuh. Dari masuk rumahsakit, pemeriksaan, operasi dan keluar dari rumah sakit, pasien hanya membutuhkan waktu 3 hari, selain itu dapat mempercantik penampilan.Next

Halaman 1 2
(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit