detikhealth
Konsultasi Genetika
dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD, Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

Bisakah Golongan Darah Anak Menyimpang?

Rabu, 03/04/2013 12:50 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Berapa peluang terjadinya penyimpangan golongan darah, karena anak saya bergolongan darah AB sedangkan istri AB, saya sendiri bergolongan darah O. Yang saya ketahui kemungkinan anak saya hanya bergolongan A atau B. Terima kasih atas jawabannya dokter.

Edi K (Pria Menikah, 33 tahun), cashinoXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Anda benar, jika Anda bergolongan darah O sementara istri bergolongan darah AB maka kemungkinan anak akan bergolongan darah A atau B. Penjelasan lebih detil mengenai pewarisan golongan darah ini pernah saya sampaikan di 'Orang tua golongan darah B, kenapa anaknya O?'

Saya menyarankan untuk melakukan tes ulang golongan darah pada Anda, istri dan anak Anda. Saya belum pernah mendengar ada penyimpangan dari prinsip pewarisan golongan darah ABO seperti saya jelaskan di atas.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.




(mer/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close