detikhealth

Ulasan Khas Kehamilan Sehat

Ngidam Ibu Hamil Tak Terpenuhi Bikin Bayi Gampang Ngiler?

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 03/04/2013 16:01 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Konon saat ibu hamil mengidam harus dipenuhi, jika tidak bayinya bakal gampang ngiler. Benarkah demikian?

"Biasanya ngidam terjadi di awal kehamilan, 3 bulan pertama, bukan berasal dari janinnya tetapi dari proses hormonal yang berubah," kata dr Nurhadi Rahman SPOG, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (3/4/2013).

Dijelaskan dr Nurhadi, saat hamil seorang ibu biasanya akan lebih sensitif. Tak heran ibu hamil akan mencari makanan yang cocok dikonsumsi untuk menghindari mual dan muntah.

"Makanya terlihat seperti ingin makan ini itu. Bau dan rasa yang biasanya ia sukai juga bisa berubah jadi sesuatu yang tidak ia sukai karena perubahan hormonal ini," sambung dr Nurhadi.

Bagaimana dengan suami yang juga merasakan ngidam saat istrinya hamil? "Kalau suaminya yang ngidam itu biasanya sugesti karena sering melihat istrinya. Seperti kalau kita berada di lingkungan baru, gaya bahasa, dan yang lainnya biasanya menyesuaikan atau lama-lama semakin banyak kemiripan karena sering bersama. Ini hanya sisi psikologis saja," terang dr Nurhadi.

Menurut dr Nurhadi, sebenarnya tidak apa-apa jika ngidam ibu hamil tidak dipenuhi. Namun jika ibu hamil mengidam makanan yang sehat dan masuk akal untuk dipenuhi, sah-sah saja untuk dipenuhi.

"Juga kalau ingin berkunjung ke kota A misalnya, selama masih bisa dilakukan tidak apa-apa untuk dipenuhi," ucap dr Nurhadi.

(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit