detikhealth

Inilah 7 Fakta Menarik tentang Payudara Perempuan

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 05/04/2013 09:30 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Manusia laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki payudara. Namun hanya payudara perempuan saja yang lebih menarik perhatian. Karena selain membangkitkan hasrat seksual, payudara juga melambangkan keindahan dan feminitas.

Nah, berikut ini beberapa fakta menarik tentang payudara seperti dikutip dari Times of India, Jumat (5/4/2013):

1. Yang Kiri Biasanya Lebih Besar

Meski tampak seperti gunung kembar, namun besar payudara yang kanan dan yang kiri tidak benar-benar sama. Biasanya payudara sebelah kiri lebih besar ketimbang yang kanan. Bentung puting di puncak payudara pun sangat bervariasi antara perempuan yang satu dengan lainnya.

2. Rambut di Areola

Setiap perempuan rupanya memiliki rambut di areolanya. Memang rambutnya tidak lebat, hanya 2-15 helai. Semakin gelap warna kulit, rambut di sekitar aerola pun semakin gelap. Selain itu payudara juga bisa mendapat komedo dan jerawat seperti layaknya wajah, jadi jagalah kebersihan payudara.

3. Berat Payudara Rata-rata 0,5 Kg

Rata-rata payudara memiliki berat 0,5 kg. Setiap payudara menyumbang sekitar 4-5 persen lemak tubuh dan berkontribusi 1 persen dari berat total tubuh seorang perempuan. Saat usia bertambah tua, payudara bisa lebih gemuk. Payudara juga akan kendor saat perempuan sudah tua. Bagi perempuan perokok, payudaranya juga lebih mudah kendor.

4. Lebih dari 2 Juta Perempuan Punya Payudara Palsu

Ternyata tidak semua perempuan dengan payudara yang dimiliki. Beberapa di antaranya menginginkan payudara yang lebih montok sehingga rela melakukan implantasi. Pamela Anderson dan Katie Price adalah dua di antara lebih dari 2 juta perempuan yang mempermak payudaranya.
Meski demikian, tidak semua perempuan puas dengan hasil operasi plastik di payudaranya lho.

5. Payudara Membesar Saat Terangsang

Saat terangsang, payudara ajab membesar karena menegang.

6. Payudara Tak Suka Terguncang

Berbagai aktivitas olahraga seperti jogging, jalan cepat, ataupun aerobik akan membuat payudara berguncang-guncang. Hal ini terkadang tidak nyaman, dan dalam beberapa kasus guncangan pada payudara bisa melukai puting. Karena itu gunakanlah bra yang sesuai untuk menghindari guncangan sehingga Anda bisa mengurangi sakit di payudara.

7. Bentuk Payudara Bisa Berubah

Payudara bisa berubah bentuknya karena posisi tidur yang salah. Tidur tengkurap kerap disalahkan menjadi penyebab berubahnya bentuk payudara. Karena itu perhatikanlah posisi tidur Anda untuk menjaga kekencangan dan bentuk payudara Anda. Posisi tidur terbaik bagi payudara adalah dengan memiringkan badan dan gunakan bantal untuk menyangganya.

(vit/up)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit