detikhealth

Membakar Kalori Tanpa Olahraga? Ini Dia Caranya

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 05/04/2013 11:04 WIB
Membakar Kalori Tanpa Olahraga? Ini Dia CaranyaFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Tidak perlu iri dengan orang-orang yang punya banyak waktu berolahraga. Sebab Anda pun bisa membakar kalori dan tetap bugar meski tidak mengalokasikan waktu khusus untuk berolahraga. Bagaimana caranya?

Disadari atau tidak, sebenarnya banyak kegiatan sehari-hari yang bisa membakar kalori. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori meski tidak berolahraga.

Nah berikut ini beberapa kegiatan yang bisa membakar kalori Anda seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (5/4/2013):

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup bisa membakar kalori lho. Sebab banyak orang dengan gangguan tidur cenderung gemuk dan bahkan mengalami obesitas. Karena itu pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, 6-8 jam sehari.

2. Melakukan Permainan Otak

Ketika otak aktif, tubuh cenderung memanas dan merasa lelah. Ini makanya ketika Anda melakukan permainan otak seperti sudoku, teka-teki, catur, maupun ludo bisa mengurangi kalori dalam tubuh. Pada saat melakukan permainan otak, artinya otak mengirimkan sinyal ke tubuh untuk tetap aktif dan waspada. Tak heran hal ini membuat Anda berkeringat. Itulah alasan Anda cenderung merasa haus ketika menyelesaikan sudoku atau teka-teki silang.

3. Bernapas

Setiap 5 kali menarik dan mengeluarkan napas dalam-dalam, Anda telah membakar 60 kalori. Kegiatan ini akan membantu sirkulasi darah di seluruh tubuh sehingga membuat anda merasa segar. Tak hanya itu, menarik dan mengeluarkan napas dalam-dalam juga meningkatkan merabolisme tubuh. Ketika melakukan ini, Anda merasakan udara dingin melewati tenggorokan dan perut, sedangkan udara panas keluar melalui mulut.

4. Tertawa Lepas

Tertawa tidak hanya melepaskan endorfin tetapi juga bisa mengurangi stres dan membakar kalori. Jadi luangkan waktu untuk bercanda bersama teman, atau tontonlah acara komedi dan biarkan Anda tertawa lepas.

5. Berkebun

Kabar baik bagi Anda yang hobi berkebun. Sebab kegiatan ini bisa membantu Anda membakar 120 kalori. Hmm jadi bukan saja Anda akan mendapat tanaman bunga yang indah di kebun, tubuh Anda pun akan lebih bugar dengan berkebun.

6. Menyetrika Baju

Menyetrika baju sepertinya merupakan kegiatan yang paling membosankan di seluruh dunia. Tetapi ada manfaat luar biasa di balik aktivitas ini lho. Hanya dengan menyetrika baju, Anda bisa membakar 150 kalori. Panas yang dikeluarkan setrika akan bereaksi dengan tubuh sehingga membuat Anda berkeringat. Itulah yang membuat kalori terbakar.

7. Bersih-bersih Rumah

Kelihatannya sepele, tapi aktivitas bersih-bersih rumah bisa membuat Anda lelah karena kegiatan ini membakar kalori. Hanya dengan menyapu, mengepel, membersihkan debu dan merapikan rumah, Anda bisa membakar 200-400 kalori yang setara dengan aerobik kardio.

8. Menggunakan Tangga

Beralihlah menggunakan tangga ketimbang menggunakan lift atau eskalator. Sebab dengan naik turun tangga, Anda bisa membakar 65 kalori.

(vit/up)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit