detikhealth

Banyak Alasan untuk Tidak Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 06/04/2013 12:02 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Orang yang sebenarnya sehat tetapi malas selalu saja punya alasan untuk tidak olahraga, hingga akhirnya kesehatannya menurun dan gampang kena penyakit. Sebelum nanti menyesal, kenali alasan-alasan tersebut lalu cari mengatasinya.

Beberapa alasan yang sering muncul untuk menghindari jadwal olahraga adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Real Simple, Sabtu (6/3/2013).

1. 'Aku tidak punya waktu'
Waktu yang dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tidaklah selama yang dibayangkan. Banyak orang berpikir bahwa olahraga harus 7 kali dalam seminggu, lalu akhirnya malah tidak melakukannya sama sekali. Beberapa jenis program olahraga seperti latihan interval memberikan hasil sangat efektif dalam waktu yang lebih pendek dari latihan biasa.

2. 'Aku benar-benar bosan'
Ketika sudah molai bosan, maka godaan untuk berhenti olahraga dan beralih ke aktivitas lain menjadi sangat besar. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga fokus pada apa yang sedang dilakukan, misalnya dengan memasang target dan membuatnya lebih menantang dengan berbagai variasi latihan.

3. 'Partner latihanku keluar'
Kadang, seseorang butuh partner latihan supaya bisa saling memberikan motivasi. Ketika partner tersebut keluar dari keanggotaan di gym misalnya, motivasi itu ikut hilang. Namun di zaman serba canggih sekarang ini, partner tidak harus nyata. banyak jejaring sosial yang bisa diakses di mana saja, termasuk di tempat fitness untuk menemukan partner baru. Lagipula, apa sih salahnya latihan sendiri?

4. 'Cuacanya tidak bagus'
Urusan cuaca adalah personal discomfort yang dikategorikan sepele, sangat tidak prinsip dibandingkan dengan tujuan melakukan olahraga. Cara mengatasinya adalah dengan mengingat-ingat tujuan utama olahraga. Misalnya karena ada rekan masuk rumah sakit karena serangan jantung, dan tidak ingin senasib dengannya. Pasang tulisan di mana-mana, termasuk dinding kamar mandi agar selalu bisa dibaca.

5. 'Nggak terasa ada hasilnya sih'
Hanya karena hasilnya tidak tampak dari luar, bukan berarti olahraga tidak ada manfaatnya sama sekali. Jangan hanya dilihat dari ukuran celana saja. Bikin catatan olahraga dan lakukan pemeriksaan kardiologi dan kekuatan tiap 6 bulan, lalu bandingkan kemajuannya dari waktu ke waktu. Dijamin, pasti ada yang berubah.

(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit