detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Bercak di Celana Apakah Indikasi Penyakit Kelamin?

Senin, 08/04/2013 13:11 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Tiap bangun pagi terdapat bercak pada celana dalam saya, terkadang keluar cairan kekuningan pada ujung penis saya, saya malu untuk berkonsultasi pada dokter di sini karena saya bekerja di Timur Tengah. Untuk masalah penyakit seksual rada tabu untuk dibahas di negeri ini. Apakah saya teserang STD seperti gonorhea?

Ajis (hardXXX@yahoo.com)
Pria lajang, 29 tahun
Tinggi badan 175 cm, berat badan 90 kg

Jawaban

Salam Ajis,
Keluar cairan atau lendir dari saluran kemih pria merupakan gejala penyakit. Karena dalam keadaan normal saluran kemih pria tidak mengeluarkan cairan yang dapat meninggalkan bercak di celana dalam.

Secara umum ada dua penyakit infeksi bakteri yang dapat menyebabkan keluarnya cairan ini.
Gonorhea adalah kencing nanah dengan gejala keluar cairan seperti nanah yaitu cairan kental kekuningan. Penyakit lain disebut infeksi non spesifik yang biasanya disebabkan oleh kuman Chlamydia. Penyakit ini memberi gejala keluarnya lendir yang jernih.

Kedua penyakit ini merupakan penyakit seksual mengingat cara penularannya. Oleh karena disebabkan oleh bakteri maka obat yang tepat adalah antibiotik. Namun karena pemilihan antibiotik harus disesuaikan jenis kuman maka Ajis tetap harus berobat. Penggunaan
antibiotik yang salah dapat membawa masalah lain sehingga tidak dianjurkan untuk mengobati sendiri.

Tindakan yang bisa dikerjakan sekarang adalah jaga kebersihan tangan jika terkontak dengan cairan tersebut dan jangan lupa untuk memeriksakan juga pasangannya.

dr. Eddy Karta, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit