detikhealth

Pasar Hewan Jorok Bisa Bikin Indonesia Potensial Penyakit Menular

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 08/04/2013 14:02 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Bogor, Yang kotor-kotor memang bisa jadi biang penyakit. Termasuk pasar hewan yang kotor dan super jorok. Jika dibiarkan bisa bikin wilayah Indonesia potensial penyakit menular.

"Hampir semua wilayah di Indonesia potensial penyakit menular. Pasar unggas lemah sekali perlindungan pada masyarakatnya," ujar Sekretaris Komnas Pengendalian Zoonosis, Dr Emil Agustiono.

Hal itu disampaikan dia dalam Avian Flu and Disaster Preparedness Workshop for Journalist di Hotel Horison, Jl Pakuan, Bogor, Senin (8/4/2013).

Dikatakan Emil, di pasar hewan dijual juga satwa liar seperti monyet, biawak, dan ular. Bisa jadi hewan-hewan tersebut terkontaminasi virus dari unggas.

"Indonesia bisa jadi tempat perpindahan virus, tidak hanya hewan ke manusia tetapi juga manusia ke hewan," terang Emil.

Dia mencontohkan di Sangeh, Bali, terdapat banyak monyet yang tertular TB (Tuberculosis atau TBC). Ada pula orang utan yang terserang virus ebola.

Menurut Kendra Chittenden, Senior Avian and Pandemic Influenza Advisor, USAID dalam kesempatan yg sama mengatakan Indonesia menjadi hotspot penularan penyakit karena keadaan geografinya, juga karena biodiversitas dan kontak langsung manusia dengan hewan.Next

Halaman 1 2
(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit