detikhealth

Ulasan Khas Melahirkan Sehat

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ibu Melahirkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 10/04/2013 09:58 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Persiapan yang baik sejak awal masa kehamilan akan sangat menentukan kelancaran proses melahirkan. Namun tak semua orang tahu, apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana caranya. Simak saja penjelasan dokter kandungan berikut ini.

Di masa awal kehamilan, persiapan fisik dan mental sudah harus dilakukan. Caranya bisa dilakukan dengan mengikuti program-program edukasi, yang manfaatnya antara lain memberi bekal pemahaman mengenai seluk beluk proses persalinan itu sendiri.

"Jika sejak awal calon ibu sudah memahami bagaimana proses melahirkan, bagaimana cara mengatur naas yang tepat, maka nyeri persalinan dapat dikurangi," kata Dr Frizar Irmansyah, SpOG dari RS Pusat Pertamina kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (10/4/2013)

Sebaliknya jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan, rasa takut akan muncul saat tiba saatnya melahirkan. Akhirnya pada saat menjalani proses melahirkan, si calon ibu tidak bisa rileks dan akhirnya rasa nyeri akan lebih terasa dibandingkan saat kondisinya lebih tenang.

Hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan adalah soal biaya. Ongkos melahirkan di rumah sakit umumnya tidak sedikit, oleh karenanya harus dipersiapkan betul-betul. Jangan lupa, anggarkan juga biaya untuk hal-hal yang tidak terduga misalnya mendadak harus operasi.

Dikatakan oleh Dr Frizar, suami dan keluarga dapat memberi dukungan kepada istri dengan menemani selama proses persalinan di ruang bersalin. Hal ini sangat berpengaruh dalam mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan rasa nyaman ibu saat menghadapi proses persalinan.

Jika memang suami tidak ingin atau takut untuk menemani istri di ruang bersalin, posisinya dapat digantikan oleh keluarga yang lain, ibu kandung atau ibu mertua. Kehadiran orang lain sebagai pemberi dukungan akan membuat calon ibu merasa tidak sendirian saat berjuang dalam proses persalinan.

(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit