detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Tetap Sehat Saat Cuaca Tak Menentu

Cuaca Tak Menentu, Ini Pesan Kementerian Kesehatan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 10/04/2013 11:30 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Memasuki musim kemarau, hujan dan cuaca mendung masih saja membayangi langit Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia. Cuaca yang tidak menentu tentu berimbas pada kesehatan. Berikut ini, Kementerian Kesehatan menitipkan pesan.

"Musim pancaroba ini memberikan 3 dampak, yaitu dampak kepada manusia, kepada lingkungan, dan kepada penyebab penyakitnya," kata Prof Dr Tjandra Yoga Adhitama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan saat ditemui di Balai Kartini, Rabu (10/4/2013).

Dampak kepada manusia, menurut Prof Tjandra berimbas pada gangguan terhadap daya tahan tubuh. Berbagai infeksi kuman akan mudah menyerang ketika daya tahan tubuh sedang terganggu. Akibatnya, tubuh jadi lebih rentan tertular berbagai jenis penyakit.

Pada lingkungan, dampaknya akan sangat tergantung pada musimnya. Jika dominan musim hujan, akan muncul banyak genangan air dan muncul jentik nyamuk, dan jika dominan musim kemarau maka kemungkinan sumur akan kering dan tidak ada air utk cuci tangan.

Untuk penyebab penyakitnya, Prof Tjandra membedakannya menjadi 2 jenis yakni penyakit menular dan penyakit tidak menular. Pada penyakit menular, cuaca yang tidak menentuk bisa meningkatkan risiko infeksi kuman sedangkan pada penyakit tidak menular bisa meningkatkan risiko kekambuhan.

Lalu apa yang harus dilakukan agar tidak mudah sakit saat cuaca sedang tidak menentu?

"Masyarakat dalam menghadapi pergantian musim ini perlu menggiatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), misalnya cuci tangan sebelum dan sesudah makan, istirahat cukup, makan sehat yang teratur, dan lain-lain. Bagi masyarakat yang sudah memiliki penyakit kronik, harus memeriksakan status kesehatannya agar siap menghadapi kemungkinan timbulnya gejala baru akibat pergantian musim ini," pungkas Prof Tjandra.


(up/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit