detikhealth

Ulasan Khas Melahirkan Sehat

Catat! Ini Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 10/04/2013 16:10 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebelum berangkat menuju rumah sakit untuk bersalin, tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil, baik secara fisik, mental dan bekal materi. Sebagai bekal di rumah sakit, ibu juga harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, biasanya mengharuskan ibu dan bayinya menginap beberapa hari di ruang perawatan, terlebih bila proses persalinannya cukup rumit dan memerlukan operasi.

Jadi, sebelum berangkat ke rumah sakit sebaiknya catat dulu barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Yang perlu disiapkan satu set baju untuk ibu, kain (panjang) dan satu set baju untuk bayi. Cukup satu set saja untuk pulang, karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/4/2013).

Menurut Dr Frizar, perlengkapan ibu dan bayi selama berada di rumah sakit, seperti baju, gurita atau selimut, biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit, sehingga pihak keluarga tidak terlalu repot membawanya.

"Selama di rumah sakit semuanya beres. Gurita juga disediakan, tapi yang standar. Kecuali kalau si ibu mau gurita yang lain, boleh dibawa sendiri," tambahnya.

Sedangkan untuk keperluan suami atau anggota keluarga yang menunggu, perlengkapan yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Pihak rumah sakit pun biasanya tidak menanggung selain perlengkapan ibu dan bayinya.

"Itu tergantung yang nunggu. Rumah sakit hanya menyediakan untuk keperluan ibu dan bayi," tutup Dr Frizar.




(mer/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close