detikhealth

Ulasan Khas Melahirkan Sehat

Bunda, Ini Perawatan yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Melahirkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 10/04/2013 17:51 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Proses persalinan yang sangat melelahkan tentu membuat ibu membutuhkan beberapa perawatan diri. Perawatan diri ini selain untuk relaksasi juga mampu mengembalikan kondisi tubuh ibu yang menurun setelah melalui masa-masa tersebut.

Menurut Dr Frizar Irmansyah, SpOG, kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (10/3/2013), ada beberapa hal yang dapat dilakukan Ibu untuk mengembalikan kondisi tubuh yang menurun pasca melahirkan, antara lain mengontrol asupan gizi yang sehat, istirahat cukup, hindari stres, dan jaga kebersihan luka operasi.

Salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan pijat tradisional. Namun pastikan untuk memilih seseorang yang ahli memijat pasca melahirkan. Pijat tradisional ini harus membuat Ibu nyaman dan tidak mengganggu daerah bekas luka operasi atau jalan lahir. Ahli pijat dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh ideal.

Relaksasi selain pijat tentu saja dapat dilakukan dengan pergi ke salon. Tidak ada pantangan tindakan tertentu, semuanya bergantung kepada kenyamanan ibu dan biasanya dilakukan setelah masa nifas selesai, yaitu sekitar 40 hari.

"Sangat dianjurkan bagi ibu untuk pergi ke salon. Setelah melewati proses persalinan yang melelahkan, ada baiknya ibu rileks di salon, seperti untuk manicure, padicure, creambath, dll," lanjut Dr Frizar yang berpraktik di RS Pusat Pertamina.

Selanjutnya, mengontrol asupan gizi juga sangat penting bagi Ibu. Diet yang berlebihan tidak dianjurkan sebab akan mengurangi nutrisi Ibu, akibatnya Ibu justru akan mengalami kekurangan gizi dan mudah terserang penyakit.

Dikutip dari pregnancy.about.com, Rabu (10/3/2013) Ibu menyusui seharusnya mengonsumsi cukup kalsium, protein, vitamin, dan zat gizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bayinya. Tubuh yang baru saja melalui perubahan besar dengan cukup gizi akan membantu penyembuhan lebih cepat. Ibu menyusui membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari.

Setelah relaksasi dan menjaga asupan gizi, rawatlah kondisi vagina segera setelah melahirkan dengan cara yang tepat agar vagina cepat sembuh. Perawatan tersebut antara lain dengan mengompres vagina dengan kain yang diisi es batu, latihan kegel, dan menggunakan obat herbal seperti dermoplast pada vagina.

Masa setelah melahirkan mungkin menyakitkan. Namun perawatan yang tepat akan mampu meningkatkan kenyamanan Ibu dan mengurangi rasa nyeri yang dialami, sehingga Ibu bisa melewatinya dengan baik. Ajaklah Ayah untuk ikut melakukan kegiatan yang bisa menjaga kesehatan diri Ibu pasca melahirkan dan juga kesehatan bayi.


(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit