detikhealth

Serba-serbi Amputasi

Amputasi Tak Bisa Dihindari dalam Kondisi Seperti Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 11/04/2013 14:30 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Semua orang tentu akan merasa takut saat mendengar kata 'amputasi'. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit diabetes atau mengalami kecelakaan, risiko ini akan meningkat.

Ada kondisi tertentu yang mengakibatkan seseorang harus diamputasi, misalnya jika orang diabetes mengalami luka dengan gangrene (jaringan yang membusuk). Jika gangrene telah parah dan meluas, maka tindakan amputasi harus dilakukan.

Luka diabetes atau gangrene merupakan luka yang sudah membusuk dan bisa menyebar. Gangrene ditandai dengan jaringan yang mati berwarna kehitaman dan berbau busuk karena adanya pembusukan oleh bakteri. Awalnya daerah yang terkena akan berwarna merah, tetapi lama kelamaan berubah menjadi cokelat, dan apabila sudah parah akan berwarna hitam, yang menandakan jaringan sudah mati.

"Jika luka gangrene yang sudah parah tidak diamputasi, maka lukanya akan semakin menghebat dan bisa membahayakan kondisi tubuh. Hal ini karena di dalam luka tersebut nantinya akan tumbuh menjadi tempat bersarang kuman, kuman ini akan mengakibatkan luka infeksi membesar," ungkap Dr Drajat Suardi, SpB(K)Onk, seorang dokter bedah di RS Hasan Sadikin Bandung saat dihubungi detikHealth, Kamis (11/4/2013).

Serupa dengan kondisi di atas, seseorang yang mengalami kecelakaan dan luka berisiko pula untuk diamputasi, misalnya ada trauma tulang. Luka akibat kecelakaan ini juga harus diambil tindakan operasi amputasi jika tidak ingin semakin parah.

"Jaringan yang rusak dan hancur jika tidak dioperasi maka akan membusuk dan pertumbuhan kumannya akan mengakibatkan kondisi pasien yang mengalami kecelakaan semakin parah," lanjut Dr Drajat.

Amputasi adalah penghilangan ekstremitas tubuh oleh trauma atau pembedahan. Sebagai tindakan bedah, tindakan ini digunakan untuk mengontrol rasa sakit atau proses penyakit pada anggota tubuh yang terkena, seperti kanker atau gangrene.


(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit