detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Studi: Bra Justru Bikin Payudara Lebih Cepat Kendur

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 12/04/2013 11:47 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Paris, Bra yang sesuai dipercaya akan mendukung payudara perempuan terlihat lebih indah. Namun sebenarnya mana yang lebih sehat dan bisa membuat payudara perempuan lebih awet keindahannya, memakai bra atau tidak memakai bra?

Seiring bertambahnya usia, umumnya payudara akan berubah bentuk. Payudara juga akan menjadi melorot akibat gravitasi bumi. Menurut sebuah penelitian di Prancis, bra tidak akan membantu seorang perempuan mempertahankan bentuk payudaranya. Bahkan bra bisa membuat payudara menjadi kendur.

Menurut penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 15 tahun itu, bra malah bisa membuat payudara lebih melorot ketimbang mereka yang tidak memakai bra. Bahkan peneliti menyimpulkan bra tidak bisa mengurangi nyeri punggung.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomi, payudara tidak mendapat manfaat dari upaya melawan gravitasi," ujar profesor riset yang terlibat dalam penelitian tersebut, Jean-Denis Rouillon, kepada Counsel and Heal, seperti dikutip dari news.com.au, Jumat (12/4/2013).

"Sebaliknya, payudara lebih kendur dengan bra," sambung Prof Rouillon.

Studi tersebut melibatkan 330 perempuan. Mereka diteliti perubahan bentuk payudaranya dari waktu ke waktu dengan memperhatikan kemiringan dan menggunakan alat ukur caliper. Dari penelitian diketahui bahwa payudara secara alami menjadi lebih kencang.

Sedangkan jika bra digunakan, maka payudara akan lebih tergantung pada dukungan artifisial. Hal ini diyakini membuat payudara malah akan kendur lebih cepat.Next

Halaman 1 2
(vit/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit