detikhealth

Ayo Bangun! Olahraga Pagi Buta Banyak Manfaatnya Lho

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 13/04/2013 08:00 WIB
Ayo Bangun! Olahraga Pagi Buta Banyak Manfaatnya Lho(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebagian besar orang tidak begitu tergila-gila dengan olahraga di pagi buta, apalagi di hari libur. Padahal olahraga di pagi buta banyak manfaat kesehatannya lho. Ayo bangun, jangan malas!

Olahraga memang banyak manfaatnya, apalagi bila dilakukan di waktu yang tepat, salah satunya di pagi-pagi buta. Berikut manfaat yang dapat Anda peroleh bila rajin berolahraga di pagi buta, seperti dilansir Dailyhealthpost, Sabtu (13/4/2013):

1. Dampak kardiovaskular lebih baik

Salah satu alasan untuk berlari di atas treadmill adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Nah, olahraga di pagi buta benar-benar dapat meningkatkan dampak olahraga pada jantung.

Kenapa? Salah satu cara alami tubuh untuk membuat Anda bangun adalah dengan meningkatkan kadar hormon seperti adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Ini berarti Anda dapat beberapa manfaat tambahan untuk kardiovaskular ketika berolahraga di pagi hari.

Tapi jika Anda memiliki masalah jantung, bicaralah dulu dengan dokter Anda tentang olahraga di pagi hari, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas jantung ekstra dapat menyebabkan nyeri dada dan bahkan serangan jantung untuk orang dengan masalah mendasar.

2. Meningkatkan daya otak

Olahraga telah terbukti meningkatkan fokus mental dan ketajaman sampai 10 jam penuh pasca latihan. Jika Anda memaksa olahraga setelah bekerja, Anda tidak bisa memanfaatkan keuntungan tersebut karena harus istirahat malam. Latihan di pagi buta berarti kedua otak dan tubuh dalam kondisi yang baik sepanjang hari.

3. Penurunan berat badan lebih baik

Jika Anda olahraga untuk menurunkan berat badan, pagi hari adalah waktu latihan yang optimal untuk itu. Olahraga di pagi hari telah terbukti menekan keinginan makan lebih sedikit sepanjang hari. Bahkan olahraga di pagi hari membuat tubuh membakar kalori lebih cepat dan lebih efisien sepanjang hari.

4. Menghasilkan energi lebih banyak

Olahraga melepaskan senyawa yang membuat Anda merasa nyaman dan senang, seperti endorfin yang meningkatkan mood dan tingkat energi, efek yang bisa bertahan hingga sore hari jika Anda berolahraga di pagi buta. Plus, berolahraga di pagi hari dapat membantu Anda tidur lebih baik dibandingkan jika berolahraga di malam hari.

(mer/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close