detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Bagaimana Menghilangkan Kebiasaan Bersendawa pada Anak?

Suherni - detikHealth
Rabu, 17/04/2013 12:19 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Mbak Leona saya mau bertanya. Anak saya perempuan 7 tahun memiliki kebiasaan saat makan bersendawa. Saat di tengah-tengah makan dia harus berhenti makan dulu untuk bersendawa dan biasanya sendawanya berbunyi. Dia tidak bisa melanjutkan makan bila belum bersendawa. Tapi biasanya sih dia tidak kesulitan bersendawa dan kembali melanjutkan makannya.

Yang menjadi pertanyaan :
1. Kenapa anak saya bersendawa padahal dia makan dengan tenang?
2. Apakah efek dari makan bersendawa?
3. Bagaimana atau bisakah kebiasaan bersendawa itu dihilangkan? Karena
bersendawa saat makan itu bukan kebiasaan baik di muka umum. Terimakasih
atas jawabannya.

Luci (Perempuan menikah, 35 tahun)
lucia_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 159 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Halo Luci,

Sendawa adalah pelepasan gas yang terkumpul di dalam lambung. Saat makanan masuk lambung, kapasitasnya diisi makanan sehingga gas yang ada di dalamnya harus 'dilepaskan'. Tentunya sangat tidak nyaman jika perut kembung tapi harus tetap lanjut makan.

Gas bisa masuk ke lambung saat berbicara, minum (terutama dengan sedotan) bahkan saat sedikit masuk saat bernapas. Saya rasa bersendawa dengan tidak bersuara dapat dilatih. Kuncinya saat mau bersendawa anak Anda harus dengan sadar menahan suaranya. Saya sendiri melatih hal ini saat kecil juga karena tidak sopan untuk bersendawa saat makan (dan juga malu saat ada orang lain).

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Follow twitter @Leona_victoria.


(hrn/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit