detikhealth

Ulasan Khas Jamu

Selain Bikin Langsing Alami, Jamu Juga Bisa Bikin Gemuk Alami

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 17/04/2013 18:42 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Kekayaan hayati bumi Nusantara memang luar biasa. Tumbuh-tumbuhan tertentu bila diramu bisa melangsingkan tubuh secara alami dan tanpa efek samping. Sebaliknya bagi yang terlalu kurus, ada jamu untuk menggemukkan badan secara alami.

"Untuk menggemukkan badan, dapat menggunakan bahan temulawak, karena dapat meningkatkan nafsu makan," kata Retno, pengusaha es krim jamu di Matraman, Jakarta Pusat saat ditemui detikHealth di rumahnya, seperti ditulis pada Rabu (17/4/2013).

Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb) termasuk herbal yang cukup populer di dunia jamu. Herbal yang satu ini dikenal juga dengan beragam khasiat, mulai dari meredakan nyeri radang sendi hingga sekedar menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Manfaat lainnya adalah menggemukkan badan karena kandungan minyak atsirinya bisa merangsang nafsu makan. Jika semula tidak doyan makan, biasanya setelah beberapa kali minum jamu temulawak maka nafsu makan akan berubah dan secara bertahap berat badan akan meningkat secara alamiah.

Ramuan jamu lainnya yang juga banyak digunakan untuk menggemukkan badan secara alami adalah Jamu Paitan, salah satu ramuan yang banyak dicari para penggemar jamu tradisional. Asal katanya dari Bahasa Jawa, pahit yang juga berarti pahit dalam Bahasa Indonesia.

Sama seperti namanya, ramuan ini memiliki rasa yang pahit karena mengandung herbal pahit seperti sambiloto. Namun di balik rasanya yang pahit, terkandung beragam manfaat mulai dari meningkatkan nafsu makan hingga menurunkan kadar kolesterol.

"Paitan itu juga bisa untuk merangsang nafsu makan," kata Lasmi, Ketua Paguyuban Jamu Gendong Lestari saat ditemui di rumah produksinya di Mampang Prapatan.

Sedangkan untuk melangsingkan tubuh secara alami, ada banyak pilihan seperti Jati Belanda yang berfungsi mengurangi penyerapan makanan di dalam tubuh. Atau kalau mau yang lebih aman lagi, kunyit asam juga bisa meredam nafsu makan sehingga hasrat untuk ngemil akan berkurang.

(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit