detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Solusi Mengatasi Rambut Rontok Agar Lebih Percaya Diri

Kamis, 18/04/2013 13:18 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Saya ingin konsultasi, saya mengalamai kerontokan rambut 2 tahun ini. Saya takut nantinya akan berdampak menjadi kebotakan dan mengganggu kondisi kejiwaan saya seperti tidak percaya diri. Apakah bisa dihentikan kerontokannya?

Apakah kebotakan bisa kembali tumbuh menjadi normal kembali dan bagaimana cara mengurangi kerontokan dan menyuburkan kembali rambut saya? Terimakasih jawabannya, semoga bisa menjadi manfaat.

Agan (Pria lajang 23 tahun)
gandesXXX@yahoo.com
Tinggi badan 173 cm, berat badan 63 kg

Jawaban:

Salam Agan,
Perlu diperhatikan apakah memang yang dimaksud Agan rambut banyak jatuh atau rambut terlihat menipis di beberapa tempat tanpa didahului rontok hebat?

Jika memperhatikan gejala yang sudah berlangsung dua tahun, saya perkirakan rambut menipis tanpa jumlah kerontokan yang meningkat drastis. Dalam kondisi ini maka ada faktor bawaan yang berperan.

Hal yang bisa dilakukan adalah menjaga gaya hidup sehat termasuk pola makan, pola tidur dan olahraga serta manajemen stres yang baik. Sebaiknya dihindari pula segala proses yang memberi beban rambut misalnya pewarnaan. Jika proses berlanjut maka harus diperiksakan apakah ada kelainan rambut dan kulit kepala misalnya infeksi jamur yang harus ditangani. Ada pengobatan khusus yang bisa dilakukan untuk kasus Agan agar rambut dapat kembali lebat.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit