detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

AS Hargai Upaya Indonesia Perangi TB

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 18/04/2013 16:46 WIB
Halaman 1 dari 2
Menkes terima penghargaan (dok: Ajeng/detikHealth)
Jakarta, Kerja keras Indonesia memerangi tuberkulosis (TB) mendapat perhatian Amerika Serikat (AS). Paman Sam pun memberikan penghargaan sebagai wujud apresiasi atas kerja Indonesia.

Penghargaan tersebut sebenarnya telah diserahkan kepada pemerintah Indonesia yang diwakili Dubes Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, bertepatan dengan Hari TB Sedunia pada 20 Maret 2013 lalu. Penyerahan penghargaan dilakukan di Washington DC. Namun pemberian penghargaan secara langsung dan resmi kepada Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, baru dilakukan pada Kamis (18/4/2013).

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel, di Gedung dr. Johannes Leimena, Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta. Acara ini dihadiri juga oleh beberapa petinggi Kementerian Kesehatan RI seperti Dirjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan, Prof. Dr. Tjandra Yoga Adhitama dan beberapa perwakilan dari Dubes AS.

"Amerika Serikat bangga dapat bermitra dengan Indonesia untuk mencegah terjadinya kasus baru infeksi TB dan menyelamatkan banyak jiwa," ujar Marciel.

"Mungkin aneh, mengapa suatu pemerintah memberikan penghargaan kepada pemerintah lain. Namun saya tekankan bahwa TB adalah ancaman dunia, saya kira penting untuk saling menghargai apa yang telah diraih oleh suatu pemerintah dalam memeranginya, seperti Indonesia," lanjutnya.

Program TB mendapat dukungan dari AS dan bekerja secara kemitraan melalui Program Nasional Pengendalian TB di Indonesia. Program USAID memberikan dana sebesar US$ 13 juta per tahun kepada Indonesia yang digunakan untuk melaksanakan program yang telah direncakanan pemerintah. Program tesebut antara lain meningkatkan deteksi kasus, memastikan setiap pasien menyelesaikan pengobatan, dan meningkatkan kualitas perawatan TB secara keseluruhan.

Sementara itu Menkes Nafsiah mengatakan TB adalah tantangan bagi dunia setiap tahunnya. TB menyebabkan banyak orang meninggal, kehilangan anggota keluarga, juga membuat penderitanya tidak bisa bekerja dan sekolah. Efek negatif ini menurutnya perlu diperhatikan. Next

Halaman 1 2
(vta/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit