detikhealth

Siap-siap, Pekan Imunisasi Dimulai 22 April 2013

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 18/04/2013 19:47 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Pekan Imunisasi Dunia (PID) diselenggarakan serentak di seluruh dunia pada akhir April 2013. Sebagai bentuk partisipasi, Kementerian Kesehatan RI juga akan menyelenggarakan Pekan Imunisasi. Apa saja kegiatannya?

Pada 22-27 April 2013 mendatang pemerintah akan melakukan pelayanan imunisasi di puskesmas, rumah sakit dan seluruh unit pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, akan dilakukan kegiatan Drop Out Follow Up (DOFU), yaitu memberikan pelayanan imunisasi dengan mengunjungi rumah warga untuk memeriksa apakah ada anak yang belum mendapatkan imunisasi. Jika belum, akan langsung diberikan di tempat.

Media cetak dan media elektronik juga akan dimanfaatkan, yaitu dengan menggalakkan Iklan Layanan Masyarakat baik di tingkat nasional maupun daerah. Akan diadakan juga talkshow media workshop untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Terakhir, pada 27 April 2013 akan diadakan ceramah dan seminar di gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, serta di beberapa daerah lainnya.

"Kegiatan-kegiatan ini disiapkan agar anak-anak yang imunisasinya belum lengkap bisa mendapatkannya. Karena seperti yang telah kita ketahui, imunisasi sangat penting bagi bayi dan anak, namun belum semua mendapatkannya," ujar Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, saat memberikan keterangan mengenai Pekan Imunisasi Dunia (PID) di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Tahun ini, tema PID adalah "Protect Your World - Get Vaccinate". Sementara itu, Indonesia mengambil tema "Imunisasi Lindungi Anak Indonesia dari Wabah Kematian atau Kecacatan". Tema ini mengajak seluruh komponen pemerintah dan masyarakat agar bersama-sama aktif mendukung imunisasi.

(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit