detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler
Senin, 22/12/2014 13:09
Kaleidoskop 2014

Pagi-pagi Mandi dengan Air Dingin Banyak Manfaatnya Lho

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 22/04/2013 07:14 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Saat musim hujan, memang paling enak jika pagi-paginya diawali dengan mandi air hangat. Kalau ada orang yang mandi dengan air dingin, mungkin bisa dikatakan menyiksa diri. Tapi jangan salah, mandi dengan air dingin sebenarnya memiliki banyak khasiat, bahkan di saat cuaca dingin.

Berbeda dengan anggapan banyak orang di mana suhu dingin diyakini memicu pilek dan flu, ternyata penelitian menunjukkan bahwa suhu dingin sebenarnya dapat membantu tubuh tetap sehat. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mandi air dingin.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (22/4/2013), beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Menangkal Bakteri dan Kuman Penyakit
Jika habis terkena cuaca dingin kemudian langsung terjun ke air ingin, akibatnya bisa terkena serangan dingin yang mematikan dalam waktu 3 - 5 menit. Cuaca dingin ekstrem akan memicu kekacauan detak jantung yang berakibat fatal, terutama pada orang tua atau orang yang kurang sehat orang.

Tapi di pagi hari yang biasa, mandi air dingin akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dipimpin Profesor Vijay Kakkar, pendiri Trombosis Research Institute di London, menunjukkan bahwa air dingin meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi sel kekebalan tubuh.

Teorinya adalah ketika tubuh mencoba menghangatkan diri selama dan setelah mandi air dingin, tingkat metabolismenya akan dipercepat sehingga sistem kekebalan tubuh juga akan aktif. Akibatnya, tubuh akan lebih banyak melepaskan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman penyakit.

2. Mengusir Nyeri
Di China, ada bentuk pengobatan mirip akupunktur yang menggunakan es atau disebut akupresur es. Caranya, es diletakkan pada titik-titik penting di tubuh. Meskipun bukti medisnya kurang begitu jelas, teknik ini dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa orang.Next

Halaman 1 2
(pah/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit