detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Belang Putih Seperti Panu di Penis, Apakah Menular?

Senin, 22/04/2013 16:45 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok saya mau tanya, di kulit penis saya warnanya belang putih seperti panu, pertama kali mengetahuinya saya membiarkannya, tapi kemudian bertambah. Kemudian saya oleskan obat panu kalpanax, dan ternyata bereaksi obatnya (panas pada bagian yang putih).

Saya sudah 2 hari ini rutin mengolesnya 3-4 kali sehari. Mungkin saya terkena panu gara-gara saya malas mengganti celana dalam dan berkeringat. Nah yang saya takutkan sebelumnnya saya sudah beberapa kali berhubungan intim dengan pacar saya, saya takut pacar saya ketularan panu di vaginanya.

1. Apakah panu tersebut bisa berkembang di dalam vagina? Dan beberapa hari yang lalu pacar saya mengalami keputihan.
2. Apakah penyebabnya karena terinveksi saya?
3. Kalau di dalam vagina diolesi kalpanax kan tidak mungkin, pasti panas sekali. Nah pengobatanya menggunakan salep atau obat kapsul yang diminum? Hal tersebut untuk mengantisipasi agar pacar saya tidak terinfeksi panu saya. Terimaksih atas tanggapannya.

Budi (Pria lajang, 24 tahun)
boedyXXX@yahoo.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 55 kg

Jawaban:

Salam Budi,
Bercak putih pada kemaluan dapat disebabkan oleh berbagai hal tidak selalu karena penyakit jamur panu sehingga saya tidak menganjurkan pengobatan degan antijamur yang membakar kulit seperti yang Budi oleskan. Walaupun tidak berbahaya dan tidak menular, namun untuk mengetahui pasti penyebab bercak putih di kemaluan ini maka sebaiknya diperiksakan.

Panu juga bukan merupakan penyakit menular sehingga keputihan pada pasangan Budi tidak berhubungan dengan bercak putih ini. Untuk pengobatan keputihan ini maka
sebaiknya juga diperiksakan apabila tidak kunjung hilang.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit