detikhealth

Demi Lucu-lucuan, Remaja Ini Tenggak Kayu Manis Hingga Paru-paru Rusak

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 23/04/2013 13:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Dailymail)
Jakarta, Aneh-aneh saja perilaku remaja zaman sekarang. Di Amerika tengah marak permainan yang disebut dengan 'Cinnamon Challenge' atau tantangan untuk menenggak satu sendok kayu manis selama 60 detik tanpa menggunakan air. Tantangan ini populer sejak beberapa remaja mengunggah video mereka ketika melakukan tantangan ini di situs YouTube.

Namun sekelompok dokter dari AS memperingatkan bahwa permainan ini sangatlah berbahaya dan telah menyebabkan sejumlah remaja dilarikan ke rumah sakit. Dalam sebuah laporan, tim dokter menyatakan kayu manis sendiri bersifat kaustik alias dapat merusak kulit dan menimbulkan iritasi, apalagi jika ditenggak secara langsung karena dapat mengakibatkan tersedak, iritasi pada tenggorokan, sulit bernafas hingga paru-paru jebol.

Salah satu korban permainan konyol ini adalah remaja asal Ypsilanti, Michigan. Dejah Reed harus dilarikan ke rumah sakit karena paru-parunya kolaps dan pneumonia setelah iseng mencoba melakukan tantangan kayu manis ini sampai empat kali. Dejah mengatakan terakhir kali melakukannya pada bulan Februari 2012 bersama seorang teman yang mengaku tak mau mencoba tantangan itu sendirian.

"Setelah melakukannya saya tertawa keras-keras, lalu terbatuk-batuk dan kayu manis itu masuk ke dalam paru-paru saya. Kemudian saya tak bisa bernafas," kisah Dejah seperti dilansir Daily Mail, Selasa (23/4/2013)

Beruntung sang ayah, Fred Reed bergegas pulang setelah menemukan wajah Dejah terlihat pucat dan kebiru-biruan. "Saat itu begitu mengerikan. Saya langsung membopongnya di bahu saya dan membawanya ke UGD terdekat," tutur Fred.

Dejah sempat diopname selama empat hari dan pulang dengan membawa sebuah inhaler. Remaja berusia 16 tahun ini pun mengaku masih harus menggunakannya ketika sesak nafasnya kambuh setelah berlari atau berbicara terlalu cepat.

Artinya kondisi paru-paru Dejah sudah tak sebugar sebelum ia iseng mencoba tantangan kayu manis ini. Padahal menurut sang ayah, Dejah tak pernah memiliki asma atau gangguan pernafasan lain sebelumnya.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit