detikhealth

Kepribadian Seseorang Tercermin dari Gaya Bersin dan Suaranya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 24/04/2013 12:04 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Semua orang pasti pernah bersin, cara dan suaranya saja yang berbeda. Ada yang menggelegar penuh ekspresi, ada pula yang selalu bersin dengan agak tertahan sambil menutup hidung dan mulutnya. Semua itu bisa menunjukkan kepribadiannya.

"Saya punya bersin yang terkenal seperti kucing. Saya tidak sedang berusaha kelihatan imut tetapi orang biasanya langsung tertawa mendengarnya," kata Susan Frykholm (31 tahun), seorang sales di Seattle seperti dikutip dari NBC News, Rabu (24/4/2014).

"Punya saya seperti meriam perang yang revolusioner," kata Dan Fine (54 tahun), konsultan teknologi informasi yang juga dari Seattle.

Seorang ahli saraf yang juga psikiater, Dr Alan Hirsch mengatakan bahwa bersin itu seperti tertawa. Ada yang kencang, ada yang lembut. Sama halnya dengan tertawa, bersin juga berbeda-beda dan bisa mencerminkan sesuatu termasuk kepribadian.

Dr Hirsch mengatakan belum pernah menemukan penelitian apapun yang meneliti gaya bersin dan suaranya lalu mencari artinya. Namun ia meyakini, ada komponen kepribadian yang terwakili dari cara seseorang bersin dan suaranya.

"Ini lebih pada faktor psikologis dan mewakili kepribadian yang mendasarinya atau struktur karakter," kata Dr Hirsch yang juga pendiri Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago.

Menurut Dr Hirsch, seseorang yang memiliki kepribadian demonstratif dan terbuka misalnya umumnya lebih mungkin memiliki gaya bersin yang meledak-ledak atau menggelegar. Sebaliknya jika seseorang punya kecenderungan agak pemalu, maka bersinnya akan lebih tertahan yang oleh Dr Hirsch digambarkan seperti bersin Minnie Mouse.Next

Halaman 1 2
(up/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close