detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Lebih Baik Mana, Putih Telur atau Kuning Telur?

Suherni - detikHealth
Rabu, 24/04/2013 12:13 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Saya sedang mengikuti fitness, sekalian untuk mengisi libur setelah UN. Saya mau tanya, sebenarnya kalau makan telur yang baik itu cuma putihnya atau semuanya? Karena di beberapa website yang saya baca ada yang mengatakan kandungan gizi di kuning telur juga banyak dan bermanfaat buat tubuh.

Tapi di beberapa situs lain mengatakan kalau makan kuningnya jangan dimakan, jadi yang benar yang mana ya? Lalu cara memasak telur yang paling baik itu yang seperti apa?

Kevin (Pria lajang, 17 tahun)
citrus_XXXX@yahoo.com
Tinggi Badan : 175 cm, Berat Badan :
80 kg

Jawaban

Hi Kevin,

Kuning telur mengandung lemak, vitamin dan mineral sementara putih telur terdiri dari protein. Jika kamu mengikuti fitness dimana banyak anggotanya sedang body building, mereka biasanya menganjurkan untuk hanya memakan putih telur karena tinggi protein/rendah lemak. Dalam 1 hari mereka juga bisa makan lebih dari 2 telur maka dari itu penting untuk mereka untuk membuang kuning telur.

Sementara jika kamu hanya ingin mengikuti diet sehat makan putih dan kuning telur sampai 5 telur/minggu. Jika kamu ingin body building dan mengikuti diet tinggi protein rendah lemak, gunakan putihnya saja. Tentunya jika kamu mengikuti jalur ini, bukan hanya telur yang harus diperhatikan tapi juga produk susu, daging harus dipilih-pilih yang rendah lemak.

Cara memasak yang paling baik: hindari goreng. Jadi bisa telur rebus, telur dadar, mata sapi (minyak sangat sedikit), panggang.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Follow twitter @Leona_victoria.

(hrn/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit