detikhealth

Ulasan Khas Detoks

Puasa, Detoks Alami untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Ajeng Anastasia Kinanti, Erninta Afriyani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 24/04/2013 17:52 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Bila tidak punya ongkos untuk mengikuti diet detoks yang kini sedang populer, tidak perlu khawatir. Ada metode yang sama manjurnya untuk melangsingkan tubuh dan membersihkannya dari racun, bahkan juga menyehatkan secara spiritual.

Seorang praktisi kesehatan, dr Phaidon L Toruan mengatakan bahwa puasa seperti dalam ajaran Islam adalah salah satu metode detoks alami. Ada banyak kemiripan antara puasa dengan diet detoks yang populer, termasuk efeknya yang bikin mual, lemas, pusing dan sebagainya di hari pertama.

"Efek semacam ini normal terjadi, khususnya di hari-hari pertama melakukan detoks. Namun setelah proses berjalan, tubuh akan terasa lebih sehat karena telah mengalami proses pembersihan," kata dr Phaidon saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (23/4/2013).

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr Roy Indrasoemantri, konsultan salah satu produk diet detoks yakni Smart Detox. Ia sepakat bahwa puasa bisa dikatakan sebagai detoks alami, namun ada risiko yang harus ditanggung bisa ketidakseimbangan nutrisi selama puasa tidak diatasi.

"Dengan puasa tubuh itu diistirahatkan, di dalam Islam. Kalau diet tidak mengonsomsi suplemen gimana? Metodenya puasa, kalau selama dia puasa dan tidak makan dengan gizi yang cukup akibatnya jadi kurang zat gizi akhirnya malah sakit," kata dr Roy.

Oleh karenanya, ia menganjurkan agar puasa juga ditunjang dengan pemberian asupan gizi yang dibutuhkan antara lain melalui suplemen. Program diet detoks yang banyak ditawarkan umumnya menggabungkan 2 metode, yakni puasa dan pemberian suplemen untuk menggantikan asupan gizinya.

Tentunya bukan cuma sehat secara fisik saja yang didapat bila puasa sebagai detoks alami diatur dengan memperhatikan keseimbangan gizi. Kesehatan rohani dan spiritual juga akan terjaga karena berpuasa merupakan ibadah yang juga sebuah ekspresi iman.

(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit