detikhealth

Doctor's Life

Dr Ryan Thamrin, Mantan Cover Boy yang Lebih Mencintai Dunia Medis

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Kamis, 25/04/2013 14:29 WIB
Dr Ryan Thamrin, Mantan Cover Boy yang Lebih Mencintai Dunia Medisdr Ryan Thamrin (Foto: detikHealth)
Jakarta, Dengan wajah yang rupawan dan postur tubuh yang gagah, sebenarnya sudah menjadi modal yang cukup bagi dr Ryan Thamrin untuk terjun di dunia modelling atau entertainment. Tapi tampaknya, dokter lulusan Universitas Gadjah Mada ini lebih memilih menekuni profesinya sebagai seorang dokter.

Sejak duduk di bangku SMA, dokter muda yang pernah menjadi Abang Jakarta 2003 ini memang sudah menaruh minat yang besar di dunia medis. Setelah menyelesaikan studi S1 kedokteran pada tahun 2002, dr Ryan memutuskan untuk mengambil master seksologi dan reproduksi di Bangkok pada tahun 2004.

Dr Ryan bahkan sempat dipercaya mewakili Indonesia dalam penelitian penyakit menular seksual se-Asia di Bangkok, Thailand pada tahun 2004. Kini, dia tengah berupayameraih gelar master di bidang Anti Aging and Esthetica Medicine di Universitas Padjajaran, Bandung yang dijalani sejak tahun 2011.

"Sejauh ini saya lebih banyak terjun melayani di meja praktik, menambah kegiatan di publik dengan memberi edukasi kesehatan reproduksi untuk pria dan wanita usia SMP, SMA dan kuliah, juga memberi edukasi kepada orang tua," terang dr Ryan kepada detikHealth seperti ditulis pada Kamis (25/4/2013).

Alih-alih mengambil kesempatan di bidang modelling atau dunia entertainment, dr Ryan lebih memilih menjadi dokter dan memberikan pemahaman di masyarakat mengenai kesehatan. Baginya, pengalaman tersebut merupakan anugerah yang didapatkan di masa itu sehingga berkesempatan mempelajari hal-hal yang tak didapatkan di bangku kuliah.

Sejak tahun 2005, dr Ryan memang lebih banyak dikenal sebagai dokter seksologi dan kesehatan reproduksi. Salah satu topik yang sering dia bahas ketika itu adalah mengenai menopause karena kondisi ini masih terkesan tertutup di masyarakat. Maka dia pun melakukan edukasi kepada para wanita sebelum maupun yang sudah masuk masa menopause dan cara merespons kondisinya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Usai mendalami seksologi, dr Ryan tertarik mempelajari masalah seputar anti aging dan beberapa bidang terkait seperti masalah kecantikan, hormonal, gizi dan olahraga. Dr Ryan menekankan pada dasarnya anti aging tidak berupaya mencegah proses penuaan, melainkan memperlambat prosesnya sesuai kondisi pasien dengan gizi, olahraga,hormonal, estetika dan psikis.

"Kalau menurut saya, ada keterkaitan antara seksologi dan anti aging. Saat ini beberapa penyakit pada pria sudah terjadi di usia muda seperti diabetes, jantung, kolesterol dan itu sangat erat kaitannya dengan gangguan fungsi seksual pria. Nah, bagaimana caranya dengan anti aging ini, kita perbaiki. Misalkan sejak di usia 25-an para pria sudah peduli dengan gaya hidup sehat, maka hal ini bisa meminimalkan kejadian penyakit diabetes dan kolesterol, dan tentunya bisa menghindari gangguan fungsi seksual dini," terang dr Ryan.

Kini kegiatan dr Ryan lebih banyak diisi dengan menjadi pembicara talkshow acara kesehatan. Banyaknya jam terbang yang dia miliki membuatnya layak ditunjuk sebagai pemandu acara Dr Oz Indonesia oleh Trans TV. Acara talkshow kesehatan berjudul Dr Oz Indonesia ini sejatinya berasal dari AS yang diasuh dr Mehmet Oz.

Di negara asalnya, acara Dr Oz terangkat berkat penampilan dr Mehmet Oz dalam program talkshow The Oprah Winfrey Show yang amat terkenal. Sosok dr Mehmet Oz kini pun bisa dikatakan sudah mendunia. Lalu bagaimana nanti jika dr Ryan yang digadang-gadang menjadi dr Oz Indonesia ini dibandingkan dengan dr Oz yang asli?

"Ini challenge buat saya. Saya juga pernah menonton acara TV ini dan 'wow'. Tapi ini buat saya tantangan karena saya suka tantangan, suka perubahan dan suka bermain. Yang kedua, karena ini sesuai dengan bidang saya di kesehatan," ungkap dr Ryan

Sebenarnya dr Ryan belum pernah menjadi host atau pemandu acara, melainkan lebih sering menjadi narasumber. Oleh karena itu, tentu memandu acara Dr Oz ini akan menjadi tantangan yang tersendiri buatnya. Walau demikian, dia tetap berupaya memberikan yang terbaik, menjadi diri sendiri dan mengemas acara Dr Oz agar sesuai dengan kultur di Tanah Air.

Acara 'dr Oz Indonesia' akan mulai ditayangkan di Trans TV pada tanggal 27 April nanti pada pukul 15.45 WIB. Tak hanya memberikan tips-tips hidup sehat, dr Oz Indonesia juga akan mengungkap problematika kesehatan dengan konsep yang mudah dipahami.

BIODATA

Nama: Ryan Thamrin

Tempat tanggal lahir: Riau, 27 Mei 1978

Pendidikan :
1) Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 2002
2) Klinis Kesehatan Reproduksi & Penyakit Menular Seksual di Menular Seksual di Mahachulalongkornrajavidyalaya University, Bangkok, Thailand, 2004
3) Kedokteran Anti-Aging (Anti Penuaan Dini) - Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Tahun 2011

Pengalaman :
1. Host DR OZ Indonesia Tahun 2013
2. Cover Boy Majalah Aneka Yess! Tahun 1997
3. Cosmo Man Majalah Cosmopolitan Tahun 2000
4. Abang Jakarta Tahun 2003
5. Pengasuh Rubrik Konsultasi Seks dan Kesehatan di Tabloid WANITA INDONESIA ( Tahun 2004 – sekarang )
6. Pengasuh Rubrik Konsultasi Seks & Kesehatan Remaja Majalah Remaja ANEKA YESS! ( Tahun 2008 – April 2012 )
7. Pengasuh Rubrik Konsultasi Seks & Kesehatan di Majalah GIRLFRIEND ( Tahun 2009 – sekarang )
8. Narasumber dalam acara LOVESPOT.COM setiap hari Minggu pk. 22-24 WIB di Radio PAS FM Jakarta 92.4 FM ( Tahun 2008 – Januari 2012 )
9. Bintang Iklan “ Pembersih Kewanitaan” ( Tahun 2004 – 2010 )
10.Konsultan Kesehatan di Website www.kotex.co.id dan Facebook Dunia Cewe (Tahun 2009 s.d 2013)
11.Pembicara dalam beberapa Talkshow seputar Seks dan Kesehatan untuk Remaja dan Dewasa di beberapa kota

(pah/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit