detikhealth

Jangan Buang Kulit Jeruk, Ini Dia Manfaatnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 26/04/2013 10:00 WIB
Jangan Buang Kulit Jeruk, Ini Dia ManfaatnyaFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Kulit jeruk dan apel diyakini memiliki nutrisi yang paling baik untuk kulit dibandingkan kulit buah lainnya. Saat mengonsumsi buah jeruk, mayoritas orang akan langsung mengupas dan membuang kulitnya. Namun faktanya kulit jeruk memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan.

"Satu buah jeruk beserta kulitnya memiliki lebih dari 60 flavonoids dan 170 fitonutrien yang berbeda," ujar Rebecca Wood, penulis buku 'The New Whole Foods Encyclopedia, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (26/4/2013).

Menurut Dr Jaishree Bhattacharjee, seorang konsultan dari Ayurvedic, beberapa manfaat kulit jeruk antara lain:

1. Bagi kesehatan
Kulit jeruk mampu meningkatkan kerja sistem pencernaan. Kulit jeruk juga mampu menghilangkan gas, mulas, muntah dan mengontrol kadar asam, serta meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan mual.

Selain manfaat bagi sistem pencernaan, kulit jeruk yang dijadikan bubuk juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, serta asma.

Semua manfaat ini berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya, yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Minyak esensial d-limonene yang dikandungnya memiliki kemampuan untuk meredakan asam lambung dan menjaga gerakan usus tetap normal, serta meningkatkan fungsi hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan kolesterol dan trigliserida. Ini berarti konsumsi kulit jeruk juga menguntungkan bagi orang dengan obesitas, yang umumnya memiliki kadar kolesterol tinggi. Kulit jeruk juga memiliki flavonoid dikenal sebagai hesperidina, efektif untuk melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

Minyak esensial dari kulit jeruk adalah obat penenang alami sehingga dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur. Gunakan kulit jeruk dalam bak mandi atau didihkan dalam panci untuk mengangkat suasana hati dan mengusir insomnia.

2. Bagi Kecantikan
Kulit jeruk dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan lembut. Kulit jeruk kering juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo dengan lembut dan alami, sehingga membuat kulit semakin bersinar.

Selain itu, kulit jeruk juga membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda di kulit wajah. Karena pembersihannya tidak memberi efek radang, anti bakteri, dan anti jamur, kulit jeruk ini juga sangat baik untuk mengatasi jerawat.

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit